Benarkah Masker Dua Lapis Lebih Ampuh Tangkal Covid-19?

Benarkah Masker Dua Lapis Lebih Ampuh Tangkal Covid-19?
Benarkah Masker Dua Lapis Lebih Ampuh Tangkal Covid-19? (Foto : )
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa memakai masker dua lapis lebih efektif dalam menangkal virus corona dibandingkan masker satu lapis.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa pemakaian masker dapat mengurangi penyebaran virus corona hingga lebih dari 70 persen. Jika memakai satu masker saja bisa mencegah penyebaran virus, lalu benarkah memakai masker dua lapis lebih ampuh menangkal virus corona?Ketua Anestesiologi sekaligus profesor di Wake Forest Baptist Health, Scott Segal, MD, mengatakan bahwa sejauh ini baru sedikiti data  ilmiah yang menunjukkan kerugian memakai masker lebih dari satu lapis. Sementara itu, kemungkinan manfaatnya bisa lebih besar.“Mengenakan dua masker mungkin merupakan ide yang masuk akal jika kemampuan filtrasi satu masker tidak terlalu kuat,” kata dr Segal seperti dikutip dari
Health .Sebagian besar penelitian, termasuk yang dilakukan oleh dr Segal, menemukan bahwa masker dengan lebih dari satu lapisan kain dinilai efektif menyaring partikel virus corona. dua lapisan kain pada sebuah masker dinilai lebih ampuh menangkal virus corona dibandingkan masker dengan satu lapisan saja.Pakar penyakit menular di Universitas Johns Hopkins, Maryland, Amesh Adalia, MD, setuju bahwa masker dua lapis lebih baik dibandingkan masker dengan satu lapisan saja. Tentunya hal ini perlu didukung dengan kualitas bahan masker yang baik pula.“Masker yang paling tepat untuk menangkal Covid-19 adalah masker medis atau masker kain yang memiliki dua lapisan,” kata dr Leonard Krilov, MD, kepala Penyakit Menular Anak di Rumah Sakit NYU Langone, Long Island.CDC merekomendasikan agar memiliki masker dengan dua atau lebih lapisan kain yang dapat dicuci dan tetap memudahkan penggunanya untuk bernafas. Masker harus benar-benar menutupi hidup dan mulut, serta pas dengan sisi wajah Anda ( tidak ada celah). Jangan memakai masker dengan bahan kain yang membuat anda sulit bernafas.