Pastikan Asupan Vitamin D Anda Terpenuhi agar Kekebalan Tubuh Terjaga

Pastikan Asupan Vitamin D Anda Terpenuhi agar Kekebalan Tubuh Terjaga
Pastikan Asupan Vitamin D Anda Terpenuhi agar Kekebalan Tubuh Terjaga (Foto : )
Vitamin D adalah nutrisi utama yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh agar dapat terlindung dari virus dan bakteri penyebab penyakit.
Vitamin D adalah nutrisi utama yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh agar dapat terlindung dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi, peningkatan risiko depresi, tulang yang lebih lemah dan kelelahan.Dilansir dari
Verywell Health , meskipun namanya “vitamin”, vitamin D secara teknis adalah hormon. Tidak seperti banyak nutrisi penting lainnya, tubuh sebenarnya dapat menghasilkan vitamin D. Ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama, tubuh dapat mensintesis vitamin D. Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan dan suplemen tambahan.Satu studi cross-sectional yang meneliti lebih dari 14.000 orang menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin D serum yang lebih rendah, memiliki kemungkinan 58 persen lebih tinggi untuk terkena penyakit pernafasan akut (seperti flu) dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin D yang lebih tinggi.Para peneliti juga baru-baru ini melaporkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih  rentan terhadap “badai sitokin” mematikan dari covid-19. Badai sitokin adalah reaksi berlebihan sistem kekebalan yang dramatis. Hampir 20 analisis data menunjukkan bahwa kekeurangan vitamin D adalah penyebab utama tingkat keparahan gejala seseorang saat terjangkit Covid-19.Vitamin D adalah kunci untuk sistem kekekabalan yang sehat. Selain bisa mendapatkannya dari sinar matahari, kita juga bisa memperoleh vitamin D dari makanan seperti susu dan telur yang secara alami kaya akan vitamin D. Untuk mencegah kekurangan vitamin D, kita juga bisa mengonsumsi suplemen jika diperlukan.