Berenang Dapat Membantu Penyembuhan Pasien Gangguan Jantung

Berenang Dapat Membantu Penyembuhan Pasien Gangguan Jantung
Berenang Dapat Membantu Penyembuhan Pasien Gangguan Jantung (Foto : )
Olahraga renang terbukti bermanfaat bagi kesehatan, dan  jika dilakukan secara rutin berenang dapat membantu penyembuhan pasien gangguan jantung.
Olahraga renang telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, di antaranya, membantu penurunan berat badan, kesehatan persendian, manajemen nyeri, dan meringankan gejala arthritis. Satu lagi manfaat olahraga renang adalah menjaga kesehatan jantung. Bahkan, rutin berenang juga membantu penyembuhan pasien gangguan jantung.Mereka yang rutin berenang, bahkan hanya dalam waktu singkat, bisa mendapatkan manfaat berikut:
  • Meningkatkan jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh
  • Meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen
  • Menurunkan detak jantung
  • Memperbaiki tekanan darah dan pernafasan
  • Meningkatkan sirkulasi.
Menurut pakar jantung Erik Van Iterson, seperti dilansir dari Cleveland Clinic , berenang bisa dilakukan dengan aman jika Anda memiliki kondisi jantung yang stabil dan sedang memikirkan rehabilitasi jantung.“Penelitian juga menunjukkan bahwa berenang bagus untuk jantung, bahkan jika Anda saat ini dalam rehabilitasi janting setelah mengalami gangguan seperti serangan atau gagal jantung,” kata Van Iterson.Akan tetapi, Van Iterson mengatakan bahwa pasien bedah jantung terbuka tidak boleh menggunakan kolam renang sampai semua sayatan bedah sembuh dengan baik.Van Iterson  juga mengatakan bahwa berenang juga bisa menjadi alternatif olahraga bagi penderita radang sendi. Gerakan dalam berenang tidak menyulitkan persendian sehingga aman bagi mereka yang mengalami radang sendi.“Berenang hanya memberi beban yang sedikit pada persendian daripada olahraga lain seperti bersepeda atau treadmill,” ucapnya.Untuk melakukan olahraga ini, kita tak perlu mempelajari teknik-tekni berenang yang sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Sekedar berjalan di air pun kita bisa memperoleh manfaat serupa dengan olahraga berenang yang menggunakan gaya khusus.