Otoritas Arab Saudi Perpanjang Larangan Masuk untuk Pesawat Komersial

Otoritas Arab Saudi Perpanjang Larangan Masuk untuk Pesawat Komersial
Otoritas Arab Saudi Perpanjang Larangan Masuk untuk Pesawat Komersial (Foto : )
Otoritas Arab Saudi memperpanjang larangan masuk untuk pesawat komersial terkait kekhawatiran atas varian baru corona, setidaknya hingga satu minggu ke depan.
Otoritas Arab Saudi memperpanjang larangan masuk untuk pesawat komersial setidaknya hingga satu minggu ke depan. Perpanjangan ini bisa berlangsung lebih lama, tergantung situasi terkini terkait kekhawatiran atas varian baru virus corona.Dilansir dari
AFP , Senin (28/12/2020), perpanjangan larangan masuk untuk pesawat komersial ini disampaikan oleh seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, lewat pernyataan via kantor berita Saudi Press Agency (SPA) pada Minggu (27/12/2020) waktu setempat. Laporan SPA juga menyebut bahwa larangan masuk ke Arab Saudi juga berlaku untuk perjalanan via darat dan laut.Pernyataan Kementerian Dalam Negeri Saudi menyebut keputusan memperpanjang larangan masuk, sementara ini merupakan langkah pencegahan terhadap penyebaran varian baru corona yang telah terdeteksi di sejumlah negara.Larangan masuk ke Saudi ini pertama diberlakukan pada pekan lalu setelah Inggris mengumumkan terdeteksinya varian baru corona yang lebih menular. Sejak saat itu, varian baru corona telah terdeteksi di belasan negara lainnya.Dalam pernyataannya, Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan hanya akan mengizinkan masuk para pelancong di bawah kasus-kasus luar biasa. Sementara warga non-Saudi atau warga negara asing (WNA)  kini akan diperbolehkan terbang keluar dari Saudi. Perpanjangan larangan masuk ini tidak berlaku untuk pergerakan barang atau kargo dari dan keluar Saudi.Ditambahkan oleh Kementerian Dalam Negeri Saudi bahwa pihaknya terus memantau situasi terkini dan larangan masuk bisa diperpanjang lebih lanjut, jika memang diperlukan.