3 Penyakit Berbahaya Ini Saling Berkaitan, Waspadalah

3 Penyakit Berbahaya Ini Saling Berkaitan, Waspadalah!
3 Penyakit Berbahaya Ini Saling Berkaitan, Waspadalah! (Foto : )
Ilmuwan mengungkap bahwa 3 penyakit berbahaya yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal.  
Diagnosis tekanan darah tinggi, seringkali tidak berdiri sendiri. Besar kemungkinan ada masalah kesehatan lainnya di balik itu. Yang terjadi adalah, hipertensi sering dikombinasikan dengan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal kronis, sehingga mebuat ancaman kesehatan menjadi tiga kali lipat.Dibetes bisa memengaruhi pembuluh darah kecil. Dan itu bisa mengakibatkan hipertensi. Itu juga bisa mengakibatkan penyakit ginjal,” kata Vivek Bhalla, MD, seorang profesor nefrologi di Stanford University School of Medicine di California.Lebih lanjut Bhalla menjelaskan kaitan ketiga penyakit tersebut. Ia mengatakan bahwa gula dalam bentuk karbohidrat menyediakan energi bagi tubuh. Karbohidrat lebih mudah diuraikan menjadi energi daripada lemak atau protein.Jika setiap hari Anda banyak mengonsumsi karbohidrat, gula darah bisa melonjak dan akan sering melonjak. Pada diabetes, gula darah tidak diataur dengan baik. Sehingga akan menyulitkan pengeluaran gula berlebih di dalam tubuh, yang kemudia bisa menyebabkan pembuluh darah rusak.Pembuluh darah yang rusak bisa menjadi kaku, dan itu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan membebani ginjal, yang selanjutnya dapat memengaruhi keseimbangan cairan, filtrasi produk limbah, dan produksi hormon ginjal.Sebuah studi di Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa penderita hipertensi memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.Dilansir dari
Medical Daily , peneliti mengumpulkan catatan kesehatan 4,1 juta orang dewasa di Inggris. Mereka mencatatat saat mereka didiagnosis dengan diabetes tipe 2. Peneliti menemukan bahwa peningkatan tekanan darah berkaitan dengan risiko diabetes 58% lebih tinggi.Studi tersebut tidak dapat menemukan penyebab pastinya. Ini hanya mendefinisikan hubungan kuat antara hipertensi dan risiko diabetes.Diet atau pola makan memainkan peran besar dalam ancaman tiga penyakit tersebut. Untuk orang dengan risiko diabetes atau penyakit ginjal, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar mereka berbicara dengan dokter dan ahli gizi terdaftar dan terpercaya.