Selebgram Iran "Zombie Angelina Jolie" Divonis 10 Tahun Penjara

sahar tabar 1
sahar tabar 1 (Foto : )

Selebgram Iran Sahar Tabar yang berdandan dan mengedit fotonya menjadi tampak seperti " Zombie Angelina Jolie", resmi dipenjara selama 10 tahun di Iran. Sahar Tabar (19) yang bernama asli Fatemeh Khishvand, memiliki hampir 500.000 followers dengan mengunggah fotonya yang kurus kering bak mayat hidup atau zombie.

Wajah asli Sahar Tabar sebelum dan sesudah didandani seperti zombie Seperti diberitakan New York Post pada Sabtu (12/12/2020), pengacara Tabar mengonfirmasi hukuman 10 tahun penjara yang didapat kliennya. Menurut laporanThe Guardian, " Zombie Angelina Jolie" itu dianggap menghasut anak-anak muda untuk korupsi dan tidak menghormati Iran sebagai Republik Islam. 

Dia juga didakwa mengajak orang-orang untuk berbuat kekerasan, ketika ditangkap pada Oktober 2019 bersama tiga selebgram lainnya, lalu tv pemerintah Iran menyiarkan pengakuannya pada akhir Oktober tahun lalu.

Pengacaranya kemudian mencoba membebaskan si "Zombie Angelina Jolie" pada April usai dia mengidap Covid-19 di penjara. Akun Instagram-nya juga dinonaktifkan. "Leluconnya membuatnya masuk penjara," twit jurnalis dan aktivis Iran, Masih Alinejad. Ibunya pun dilaporkan menangis setiap hari, meminta agar putrinya dibebaskan.

Menurut laporan The Guardian lagi, catatan medis menunjukkan terdakwa menderita penyakit jiwa dan memiliki riwayat kunjungan ke RSJ. Hukuman untuknya seharusnya bisa dikurangi. Alinejad lalu meminta bantuan kepada para aktris dan aktivis kemanusiaan untuk membantu Tahar. "Iran punya riwayat menyiksa perempuan. Kami harus bersatu melawan apartheid gender ini," tegasnya. New York Post