Mumi-mumi di Mesir Terus Bermunculan, Pertanda Apakah Ini?

Mumi-mumi di Mesir Terus Bermunculan, Pertanda Apakah Ini?
Mumi-mumi di Mesir Terus Bermunculan, Pertanda Apakah Ini? (Foto : )
Penemuan peti mati berikut mumi-mumi di Mesir terus berlanjut. Sejak September hingga Saat ini, Kementerian Purbakala Mesir melaporkan penemuan sekitar 100 peti mati.
Dunia dikejutkan dengan penemuan 13 peti mati berisi mumi pada September lalu. Temuan itu terbilang menyita perhatian publik lantaran jumlahnya yang cukup banyak. Namun, penemuan peti mati di situs Saqqara, Mesir, ini tampaknya belum berakhir.Setelah Oktober, jumlah peti mati yang ditemukan makin banyak dan kini jumlah tersebut masih terus bertambah. Dikutip dari
Live Science , Rabu (18/11/2020) bulan ini, arkeolog Kementerian Purbakala Mesir kembali menemukan peti mati sehingga sekarang jumlahnya lebih dari 100.Pihak berwenang pun mengaku belum mengetahui jumlah mumi yang akan ditemukan di situs Saqqara tersebut. Meski begitu, terungkapnya peti-peti mati berisi mumi ini menjadi hal yang istimewa karena banyak peti yang sebelumnya telah dijarah.“Orang-orang bertanya berapa banyak peti mati yang kami temukan. Jawabannya adalah saya belum tahu,” kata Mustafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Barang Purbakala Mesir.Tak hanya menemukan peti mati berisi mumi, di dalam situs pemakaman, tim arkeolog juga mengungkap keberadaan 40 patung yang menggambarkan dewa “Ptah-Soker”. Dewa ini adalah gabungan dari “Ptah: yang merupakan dewa Memphis dan “Soker” yang merupakan dewa Saqqara.Arkeolog juga menemukan 20 kotak kayu yang menunjukkan gambaran Horus, dewa langit Mesir dengan kepala elang. Selain itu, terdapat pula dua patung kayu bertuliskan nama “Phnomus”, tetapi peneliti belum mengetahui siapa orang tersebut.Menurut peneliti, berbagai artefak itu berasal dari sekitar 912 SM dan 30 SM. Selama periode tersebut, Mesir kuno diduduki dan dikendalikan oleh sekelompok asing, seperti Asyur, Persia, dan Yunani. Selanjutnya, penggalian akan terus berlanjut di situs itu. Para arkeolog berharap untuk menemukan lebih banyak peti mati berisi mumi dan artefak lainnya.