Apakah Air Purifier Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-Paru?

Apakah Air Purifier Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-Paru?
Apakah Air Purifier Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-Paru? (Foto : )
Menurut seorang ahli paru-paru, air purifier atau pemurni udara mungkin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.
Air purifier atau pemurni udara bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk. Air purifier bisa dikatakan sebagai teknologi yang tepat untuk mendapatkan udara sehat di dalam ruangan. Lalu apakah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung?Dilansir dari
Health Cleve and Clinic , Kamis (29/10/2020), menurut ahli paru Rachel Taliercio, air purifier mungkin bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Polusi udara dapat menyebabkan atau memperburuk gejala pernafasan seperti kesulitan berbafas, batuk, gangguan pada saluran nafas bagian atas, dan menyebabkan penyakit jantung, “ racun di udara adalah iritan,” kata Talierco.Iritan adalah reaksi kimia yang dapat menimbulkan kerusakan peradangan, atau sensitisasi bila kontak dengan permukaan tubuh yang lembab seperti kulit, mata, dan pernafasan.“Mereka memiliki komposisi kimiawi yang menyebabkan perubahan kimiawi darah dan pada gilirannya menyebabkan efek kesehatan yang merugikan,” imbuh dia.Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan hubungan antara polusi partikulat udara dan penyebab arteri karotis, suatu kondisi yang menyebabkan stroke. Studi lain menyebut polusi sebagai salah satu faktor risiko terpenting untuk penyakit kronis.Bagaimana air purifier meningkatkan kesehatan? Talierco berkata, banyak manfaat potensial dari air purifier untuk kesehatan paru-paru, terutama untuk mereka yang memiliki asma.“Dengan menyaring partikel halus, pembersih membantu membersihkan udara yang dihirup dan mengurangi efek buruk polusi,” ujar Talierso. “Pembersih udara terbukti mengubah kimiawi dalam darah sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung.”Beberapa penelitian menunjukkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung setelah menggunakan air purifier. Misalnya, studi skala kecil terhadap 35 mahasiswa China menemukan bahwa perangkat tersebut meningkatakan kualiatas udara, mengurangi tingkat materi partikulat halus sebesar 57 persen.Peningkatan dilaporkan pada tingkat tekanan darah dan fungsi paru-paru di antara siswa. Studi lain menemukan bahwa filter udara dalam ruangan meningkatkan kesehatan pernafasan bagi mereka yang menderita asma.Namun, dokter tidak memiliki data jangka panjang yang menunjukkan air purifier dapat mengurangi risiko stroke, serangan jantung, atau tingkat kematian.“Ini semua adalah titik akhir yang melihat perubahan kimiawi darah yang dapat dipantau, dan mungkin akan bermanfaat bagi jantung,” katanya. “Tapi studi seperti itu belum dilakukan.”Karena air purifier cukup mahal, penting untuk bekerja sama dengan dokter untuk mempertimbangkan siapa yang paling mungkin untuk mendapat manfaat dari alat tersebut. Pengguna air purifier kemungkinan besar akan memperoleh manfaat kesehatan di daerah dengan polusi udara terbesar, dan itu bisa berarti mereka yang tinggal di kota dengan kualitas udara buruk atau di dekat sumber utama polusi.“Manfaat juga mungkin lebih tinggi pada anak kecil, orang tua dan orang dengan penyakit jantung atau paru-paru,” kata Dr. Taliercio.Secara khusus, perangkat ini dapat membantu orang yang sudah memiliki penyakit yang memengaruhi paru-paru seperti asam, fibrosis kistik, dan kondisi sistem kekebalan. Jika Anda kesulitan melawan infeksi, membeli pembersih udara mungkin bermanfaat.