Lebih Hemat, Pemerintah Dorong Penggunaan Kompor Listrik dan Motor Listrik

kompor reuters
kompor reuters (Foto : )
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut, pemerintah akan mendorong masyarakat gunakan kompor listrik dan sepeda motor listrik karena lebih hemat.
Dalam pemaparan di Pelatihan untuk Media Bisnis Proses Minyak dan Gas secara virtual oleh JSK Petroleum Academy, Jumat (25/9/2020), Menteri ESDM Arifin Tasrif menguraikan pemanfatan energi negeri ini.Menurutnya, pemanfaatan energi untuk ekspor terus dikurangi. Sementara pemanfatan untuk kebutuhan domestik ditingkatkan, terutama saat ini untuk gas dan batubara.Arifin mengatakan, produksi minyak di Indonesia mengalami tren penurunan dalam kurun 20 tahun terakhir.Ini terjadi karena lapangan minyak di Indonesia banyak yang berusia lanjut dan belum ditemukan cadangan besar kecuali Blok Cepu.Saat ini cadangan minyak RI sebesar 3,77 miliar terbukti atau hanya 0,2 persen dari cadangan minyak dunia.Menurut Arifn, dengan cadangan minyak terbukti itu diperkirakan hanya dapat diproduksi selama 9 tahun. Ini dengan asumsi tidak ditemukan cadangan minyak baru.Sedangkan cadangan gas bumi RI masih ada 77 triliun kaki kubik atau 1,1 persen cadangan dunia. Diperkirakan, cadangan gas itu masih bisa diproduksi selama 22 tahun dengan asumsi tidak ditemukan cadangan gas baru.

Strategi Energi Pemerintah

Karena itu menurut Arifin perlu ada strategi jangka panjang dan pendek terkait pengelolaan energi negeri ini. Untuk jangka pendek antara lain mengoptimalkan lapangan migas yang belum maksimal dieksplorasi.Sementara untuk jangka panjang, salah satunya adalah mentransformasikan sumber produksi secara lebih masif lagi.Menurutnya saat ini ada 42 proyek migas yang dimonitor secara intensif, dengan empat diantaranya adalah proyek strategis nasionalSementara di kegiatan hilir, kata Arifin, Pertamina sedang meningkatkan kapasitas empat kilang dan membangun dua kilang baru.Saat ini kapasitas pengolahan kilang sebanyak 1 juta barel per hari dengan produksi BBM setara Euro 2.Namun jika dua kilang selesai dibangun, maka kapasitasnya melonjak menjadi 2 juta barel per hari dengan produksi BBM setara Euro 5.Sebagian proyek pengembangan kilang juga diintegrasikan dengan industri petrokimia sehingga nilai keekonomian proyek dapat menarik minat investor.

Kompor Listrik

Menteri ESDM juga menyoroti kebutuhan elpiji yang kian meningkat sehingga dibutuhkan devisa besar karena impor.Guna mengurangi ketergantungan elpiji, pemerintah akan melakukan substitusi dengan bahan lain."Kita ada  upaya kurangi impor ini dengan subsitusi bahan lain. Kita sedang melakukan kajian gas kota.""Kita akan pasang jaringan pipa  untuk disalurkan ke konsumen yang selama ini pakai elpiji dengan pakai gas yang kita produksi sendiri," katanya.Pemerintah juga akan mendorong penggunaan kompor listrik dan sepeda motor listrik untuk menggantikan BBM"Kita ke depan mendorong penggunaan kompor listrik dan sepeda motor listrik untuk menggantikan BBM, akan jauh lebih hemat," katanya.Ditambahkan Arifin, gas bumi akan menjadi sumber energi masa depan Indonesia untuk energi bersih, selain energi terbarukan.