Hanya di Indonesia: Mancing Roh di Kuburan!

Hanya di Indonesia: Mancing Roh di Kuburan!
Hanya di Indonesia: Mancing Roh di Kuburan! (Foto : )
Roh (bahasa Arab: ruuh) adalah unsur non-materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Tuhan sebagai penyebab adanya kehidupan. Roh adalah pengendali jiwa (pikiran) dan raga. Meski jiwa merasakan seolah-olah pikirkan itu asli dari diri sendiri, sebenarnya roh itulah yang bersandiwara sebagai pikiran manusia. Apakah roh bisa dipancing?
Memancing punya banyak arti menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun secara umum adalah kegiatan menangkap ikan menggunakan joran atau alat pancing. Berbentuk tangkai panjang tempat bertumpunya kenur atau senar bermata kait kawat kecil. Umumnya ikan yang dipancing.Nah, bagaimana jika yang dipancing adalah roh?Oke, yuk kita ngobrol dulu tentang Trikhotomi. Ini adalah pandangan bahwa manusia secara umum terdiri dari tiga bagian, yaitu Tubuh, Jiwa dan Roh. Ketiganya adalah kesatuan yang mempunyai potensi untuk memahami dan berhubungan dengan Tuhan.Tubuh adalah unsur lahiriah manusia, unsur daging yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan sebagainya menggunakan indera.Jiwa adalah unsur batiniah manusia yang tidak dapat dilihat. Jiwa manusia meliputi beberapa unsur, pikiran, emosi (perasaaan) dan kehendak. Dengan pikirannya, manusia dapat berpikir. Dengan perasaannya manusia dapat mengasihi dan dengan kehendaknya, manusia dapat memilih.Roh adalah prinsip kehidupan manusia. Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Tuhan ke dalam wujud manusia dan akan kembali kepada Tuhan. Roh adalah kesatuan spiritual dalam manusia. Roh adalah sifat alami manusia yang 'immaterial' yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan Tuhan.Nah, kita sekarang bicara definisi kata roh. Dalam Alkitab, roh berasal dari kata Ibrani yaitu
Ru’akh dan kata Yunani yaitu Pneu’ma . Roh mempunyai beberapa arti. Semuanya menunjuk kepada apa yang tidak terlihat oleh mata manusia alias maya. Pun, yang membuktikan adanya daya atau tenaga aktif bekerja (awam menyebutnya energi).Kata Ibrani dan Yunani itu digunakan untuk memaksudkan angin, udara, daya hidup yang aktif dalam makhluk-makhluk di bumi, desakan dari hati nurani yang menentukan cara orang berbicara dan berprilaku, ucapan terilham yang berasal dari sumber yang tidak kelihatan, maupun tenaga aktif Tuhan atau roh kudus (Rohulkudus).Tubuh dan Jiwa dapat binasa atau dibinasakan namun Roh tidak akan binasa atau kekal. Memancing Roh?