Cuaca Buruk, Puluhan Pesawat Gagal Mendarat Di Bandara Soekarno Hatta

cuaca buruk, pesawat gagal mendarat
cuaca buruk, pesawat gagal mendarat (Foto : )

Antvklik - Hujan deras disertai angin kencang di Jakarta dan Tangerang menyebabkan puluhan pesawat gagal mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Jarak pandang landasan hanya berkisa 500 meter pada Rabu (12-12-2018) siang dan sore hari.

Pendaratan kemudian dialihkan ke bandara terdekat. Deputi GM Perencanaan dan Evaluasi Operasi Airnav Jakarta Suryadi menjelaskan, ada 21 pesawat domestik mengalami pengalihan lokasi pendaratan (divert)  dan lima pesawat internasional divert. Satu pesawat harus divert ke Bandara Ahmad Yani, Semarang, tiga pesawat harus divert ke Bandara Juanda Surabaya.

Selain itu lima pesawat harus divert ke Bandara Adi Sumarmo Solo , sembilan pesawat ke Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang, Tiga pesawat ke Bandara Raden Inten Lampung dan satu pesawat Bandara Supadio, Pontianak. " Ada 21 pesawat yang mencoba dua kali, tetapi ternyata gagal (mendarat). akhirnya tidak jadi mendarat di sini (Bandara Soekarno Hatta" ungkap Suryadi , Rabu (12-12-2018 Selain mengalami pengalihan tempat pendaratam , sebanyak  31 penerbangan domestik dan 5 penerbangan internasional  terpaksa mengalami penundaan jadwal penerbangan hingga dua jam.

Cuaca buruk yang melanda Jakarta dan Tangerang menyebabkan jarak pandang penerbangan dibawah seribu meter. Hal tersebut bisa menggangu penerbangan pesawat saat take off ataupun landing.     Laporan Rusdy Muslim