youtube channel

Channels

UEFA Super Cup : Liverpool Tundukan Chelsea 5-4 Lewat Adu Penalti

UEFA Super Cup : Liverpool Tundukan Chelsea 5-4 Lewat Adu Penalti

Kiper baru Liverpool, Adrian jadi pahlawan timnya, setelah melakukan penyelamatan di duel adu penalti, dan tampil apik selama 120 menit.

Liverpool akhirnya tampil sebagai juara Piala Super Eropa (UEFA Super League) setelah mengalahkan Chelsea, lewat adu penalti 5-4. Kemenangan harus diraih dengan susah payah oleh The Reds, setelah kedua tim memaikan babak “Extra Time” 120 menit, karena bermain imbang 2-2 di waktu normal 90 menit. Buat Liverpool, Ini Trofi Super Eropa keempat, setelah tahun 1977, 2001, dan 2005.

antvklik.com - - Pertandingan antara Juara Liga Champions dan Liga Europa 2018-2019, yang berlangsung di Stadion Vodafone, Istanbul, Turki, Kamis dinihari (15/8) ini, berlangsung dalam tempo tinggi, ketat, terbuka, dan berimbang sejak menit awal.

Chelsea yang memainkan formasi 4-3-3, menempatkan Pedro, Giroud, dan Pulisic di lini depan tampil langsung menekan Liverpool. N’Golo Kante yang absen saat The Blues dibantai Manchester United 0-4 di Liga Inggris pekan lalu, dimaikan sebagai stater oleh pelatih Frank Lampard, membuat sektor tengah, Chelsea lebih tangguh dan efisien meredam permainan agresif Liverpool.

Liverpool yang unggul penguasaan bola lebih dulu mengancam, di menit menit awal. Menit ketujuh, umpan silang Jordan Henderson disambut Sadio Mane dengan tendangan salto. Tapi upayanya membentur Andreas Christensen.

Peluang berikutnya, menit ke-10. Tendangan bebas Mohamed Salah membentur Jole Matip dan bola liar diarahkan Virgil van Dijk ke Fabinho. Percobaannya masih terlalu mudah untuk kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Salah yang dimainkan bersama Mane dan Oxlade Chamberlain di depan, kembali mendapatkan peluang emas tiga menit berselang saat menerima umpan terobosan dan tinggal menghadapi Kepa Arrizabalaga. Sontekannya masih bisa dihentikan Kepa.

UEFA Super Cup 2019 Para pemain Liverpool merayakan kemenangan, meraih Trofi Piala Super Eropa., menebus kegagalan kalah adu penalti di Community Shield 2019. Buat Liverpool ini Trofi Super Eropa keempat setelah tahun 1977, 2001, dan 2005. Trofi perdana musim 2019.

Menit 15 Pedro sudah mampu lolos menganca gawang Liverpool yang dijaga kiper barunya, Adrian. Sontekan bola Pedro masih membentur tiang. Chelsea yang mampu membuat barisan pertahanan Liverpool, kerepotan memimpin di menit ke-36. Diawali aksi Kante melewati Fabinho dan Mane, bola lalu dioper ke Pulisic. Pulisic yang dikepung pemain Liverpool dengan cerdik menyontek bola ke Giroud yang terbebas di kiri. Giroud tenang saja menaklukkan Adrian dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah.

Empat menit berselang, Chelsea kembali mencetak gol, lewat Christian Pulisic namun dianulir Wasit Stephanie Frappart, karena menganggap Pulisic dalam posisi off side. Keunggulan 1-0 Chelsea atas Liverpool bertahan hingga jeda.

Liverpool memasukan Roberto Firmino, menggantikan Oxlade Chamberlain, di awal babak kedua. Hanya berseang dua menit, Firmino yang menerima umpan dari Fabinho mengirim umpan matang ke Mane yang ada di depan gawang, dan langsung menceploskannya ke gawang Chelsea, Skor 1-1.

UEFA Super Cup 2019 Jurgen Klopp, pelatih pertama Jerman yang sukses meraih UEFA Super Cup. Trofi kedua bersama Liverpool setelah Liga Champions 2018-2019.

Liverpool lebih dominan di babak kedua, namun mereka menyelesaikan sejumlah peluang yang dimiliki Mane dan Mohamed salah menjadi gol. Skor akhir waktu normal 1-1, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan, atau “Extra Time”.

Liverpool akhirnyua berbalik unggul 2-1 menit 95. Proses gol berawal dari pergerakan Firmino menusuk di kiri dan mengirim umpan tarik yang langsung disambar Mane. Bola mengoyak gawang Chelsea. Namun keunggulan Liverpool hanya bertahan empat menit. Menit 99 Chelsea mendapat hadiah penalti, setelah Kiper Adrian menjatuhkan Tammy Abraham saat berupaya menyerobot bola dari kaki penyerang Chelsea itu. Jorginho jadi eksekutor dan sukses mengecoh Adrian dengan tembakan mendatar ke sisi kanan. Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-104. Umpan tarik Pedro dari kanan disontek Abraham, namun meluncur tipis ke kiri gawang. Menit ke-113, Adrian tampil gemilang mengagalkan ancaman dari Mount. Liverpool selamat dari ancaman lain saat sepakan Pedro berakhir tipis di kanan gawang. Hingga babak tambahan berakhir, skor tetap 2-2, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Lima penendang Liverpool, Firmino, Fabinho, Origi, Alenxander Arnold, dan Mohamed Salah sukses menjalankan tugasnya, mencetak gol. Sementara hanya empat eksekutor Chelsea yang sukses mencetak gol, yaitu Jorginho, Barkley, Mason Mount, dan Emerson. Eksekutor terakhir, Tammy Abraham gagal, setelah tendangannya ke arah tengah dihalau Adrian dengan kaki. Liverpool pun tampil sebagai juara Piala Super Eropa.

Susunan pemain:

Liverpool: Adrian, Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson (Alexander-Arnold 91'), Fabinho, Milner (Wijnaldum 64'), Henderson, Oxlade-Chamberlain (Firmino 46'), Mane (Origi 103'), Salah

Chelsea: Kepa, Azpilicueta, Christensen (Tomori 85'), Zouma, Emerson, Jorginho, Kante, Kovacic (Barkley 101'), Pedro, Giroud (Abraham 74'), Pulisic (Mount 74')


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments