youtube channel

Channels

Malam Ini Timnas U-16 Awali Pertandingan Kualifikasi Piala Asia Lawan Filipina

Malam Ini Timnas U-16 Awali Pertandingan Kualifikasi Piala Asia Lawan Filipina

Tahun 2018 Timnas Sepakbola Indonesia U-16 mampu menembus perempat final Piala Asia 2018. Namun gagal ke semifinal, setelah kalah dari Australia, sehingga urung tampil di Pala Dunia U-17 2019. Semoga tertebus di Piala Asia 2020.

antvklik.com - Senin malam ini (16/9) jam 19 00 WIB, Timnas Sepakbola Indonesia U-16, akan mengawali pertandingan babak Kualifikasi Piala Asia 2020, melawan Timnas Filipina, di Stadion Madya Senayan Jakarta.

Indonesia menjadi tuan rumah kualifikasi, berada di Grup-G bersama Cina, Kepulauan Mariana Utara, Brunei Darussalam dan Filipina. Babak kualifikasi akan diikuti oleh 48 negara Asia yang akan dibagi dalam sebelas grup. Masing-masing grup berisi empat hingga lima negara. Juara masing-masing grup akan lolos otomatis ke putaran final, ditambah lima Runner Up Grup terbaik.

Pertandingan ini menjadi momen tepat bagi skuat berjuluk Garuda Asia untuk meraih kemenangan perdana sekaligus menjaga peluang lolos. Timnas U-16 Filipina tidak memiliki catatan bagus kala bersua Indonesia. Sebaliknya, Indonesia sering kali menang besar atas mereka. Mundur ke Piala AFF U-16 tahun 2018, Indonesia yang kala itu masih dilatih Fakhri Husaini menghancurkan Filipina dengan skor 8-0 di fase grup. Setahun kemudian, di Piala AFF U-15 2019, Garuda Asia kembali mengandaskan perlawanan Filipina dengan skor 4-0.

Hasil-hasil tersebut dapat menggambarkan bahwa secara kualitas tim maupun pemain, Indonesia masih berada di atas Filipina. Sementara Filipina belum bisa lolos dari babak grup Piala AFF U-15/U-16, Timnas U-16 Indonesia sudah pernah mencicipi juara Piala AFF U-16 tahun 2018 dan peringkat ketiga Piala AFF U-15 tahun 2019.

Sepakbola Indonesia Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti memberi pengarahan pada skuadnya jelang tampil di Kualifikasi Piala Asia 2020.

Selain itu, timnas U-16 yang kini dilatih Bima Sakti juga meraih peringkat kedua di turnamen internasional Boys Elite di Myanmar yang berlangsung Agustus 2019. Tidak main-main, di sana Indonesia tidak pernah kalah. Garuda Asia menang atas Myanmar dan tim dari Eropa Montenegro, 1-0. Menang 2-0 atas Yordania, Kemudian, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menahan imbang 1-1 salah satu kekuatan Asia, Korea Selatan. Indonesia menjadi peringkat kedua di Boys Elite karena tertinggal agresivitas gol dari Korea Selatan.

Meski memiliki potensi besar untuk menundukkan Filipina, Bima Sakti tidak ingin jemawa dan meminta skuatnya tetap fokus untuk pertandingan tersebut. Pria yang melatih tim nasional Indonesia di Piala AFF 2018 itu menyadari bahwa lawannya juga dapat menimbulkan bahaya ke pertahanan skuatnya.

Walau demikian, melihat susunan pemain yang dibawa Bima Sakti ke Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, rasanya Indonesia tidak perlu khawatir. Sebab di sana ada pemain-pemain tangguh seperti gelandang serang yang mencetak lima gol di Piala AFF U-15 2019 Marselio Ferdinan dan bek dengan daya jelajah tinggi Alexandro Kamuru.

Yang perlu diantisipasi tentu saja mentalitas laga perdana. Di usia muda, pertandingan pertama di sebuah turnamen sering kali menghadirkan gugup. Untuk mengatasi itu, fokus dan konsentrasi menjadi obat yang paling mujarab. Satu lagi yang bisa menjadi motivasi adalah dukungan penuh suporter Indonesia.

Tahun 2018, Timnas U-16 lolos hingga perempat final Piala Asia. Sayang sekali Timnas U-16 kalah dari Australia sehingga gagal ke semifinal. Semifinalis Piala Asia berhak lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 2019. Semoga tertebus tahun ini.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments