youtube channel

Channels

Kalahkan Argentina, Spanyol Juara Dunia Basket FIBA World Cup 2019

Kalahkan Argentina, Spanyol Juara Dunia Basket FIBA World Cup 2019

Rubio bawa Spanyol juara dunia basket 2019 atau FIBA World Cup 2019. Foto : FIBA

antvklik.com - Tim Nasional basket Spanyol berhasil menjadi juara Kejuaraan Dunia Bola Basket 2019 atau FIBA World Cup 2019. Di babak final, Spanyol mengalahkan Argentina dengan skor 95-75 di Wukesong Arena, Beijing, China, Minggu (15/9/2019).

Timnas Matador tampil gemilang sejak awal pertandingan. Di kuarter pertama, Spanyol unggul 23-14 atas Argentina, saat separuh laga keunggulan semakin menjauh 43-31.

Akhir kuarter tiga Marc Gasol dkk semakin menjauh dengan skor 66-47. Upaya Argentina untuk mengejar di kuarter akhir, tak berhasil. Spanyol menutup pertandingan dengan skor 95-75. Hasil ini membuat Spanyol berhak atas Medali Emas.

Guard Ricky Rubio keluar sebagai pemain terbaik dengan mencetak 27 poin, tujuh rebound dan tiga assist. Gelar juara ini juga sangat istimewa bagi pemain Spanyol, Marc Gasol yang mampu mengawinkan gelar NBA yang diraihnya tahun ini bersama Toronto Raptors

Point guard milik Phoenix Suns, Ricky Rubio, menjadi pemeran utama kemenangan Negeri Matador - sebutan lain Spanyol. Bermain selama 23 menit, Rubio mencatatkan 20 poin, tujuh rebound, dan tiga assist. Lantas, ia meraih penghargaan pemain terbaik Final Piala Dunia Basket tahun ini.

Sementara itu, perolehan poin yang diraih oleh Argentina dipimpin oleh Gabriel Deck. Pemain milik Real Madrid itu mampu membukukan 24 poin setelah dimainkan selama 28 menit.

Sebelumnya, Spanyol keluar sebagai pemenang dalam Piala Dunia Basket edisi ke-15 yang bergulir di Jepang, pada 2006 lalu.

Indonesia Tuan Rumah 2023

Sementata itu, Kesiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket (FIBA World Cup) 2023 mendatang akan semakin diintensifkan. Di sela-sela pertandingan final FIBA World Cup 2019 antara Argentina dan Spanyol yang berlangsung di Beijing, China, Minggu (15/9/2019), Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang, secara simbolis menerima bendera FIBA.

Indonesia yang diwakili Erick Thohir sebagai anggota FIBA Central Board dan IOC didampingi Danny Kosasih, Ketua PB Perbasi menerima bendera FIBA dari Yao Ming dan Kobe Bryant. Erick dan Danny menerima bendera bersama perwakilan dari Filipina, Manuel Pangilinan serta wakil dari Jepang, Yuko Mitsuya.

"Penyerahan bendera FIBA tersebut mengindikasikan bahwa Indonesia, dan juga Filipina serta Jepang, harus semakin intensif mempersiapkan diri untuk menggelar FIBA World Cup 2023. Fokus kami saat ini, mempersiapkan timnas yang bisa bersaing di level kejuaraan dunia," ujar Erick Thohir dari Beijing, Minggu malam. (*)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments