youtube channel

Channels

Indonesia Bangga! Atlet Lari Sprint Indonesia Jadi Juara Dunia U20

Indonesia Bangga! Atlet Lari Sprint Indonesia Jadi Juara Dunia U20

Lalu Muhammad Zohri, sprinter Indonesia (putih-merah ujung atas) Indonesia Menjuarai IAAF World U20 Championships di Finlandia

antvklik.com - - Di tengah hiruk pikuknya menonton kemegahan piala dunia, berita membahagiakan datang dari cabang olahraga atletik yakni lari sprint 100 m. Tepatnya dalam ajang IAAF World U20 Championships yang diadakan di Tempere, Filandia rabu malam (11/7/2016) waktu setempat. Juara baru dunia telah muncul, dan yang membanggakan adalah juara baru tersebut datang dari Indonesia. Juara dunia sprint 100 m tersebut adalah Lalu Muhammad Zohri.

Dilansir dari situs resmi IAAF, dalam salah satu cabang olahraga atletik yang prestisius ini awalnya Lalu Muhammad Zohri tidak diunggulkan. Ia memulai pertandingan dengan start di Lane 8. Biasanya pelari dengan catatan waktu terbaik akan berlari di lane tengah, seperti Anthony Schwartz, pelari asal Amerika Serikat yang di babak kualifikasi memiliki catatan waktu terbaik 10.05 detik.

Lalu Muhammad Zohri Pelari Sprint Indonesia Lalu Muhammad Zohri Pelari Sprint Indonesia

Dari postur tubuh, Lalu kalah kekar dibandingkan pelari lainnya. Kostumnya pun sederhana. Bahkan dia tidak menyiapkan bendera untuk merayakan kemenangannya. Tapi ternyata Lalu mampu membuat kejutan dan meraih kemenangan di final ini.

Sebelum prestasi yang ditorehkan oleh Lalu, sejarah terbaik yang pernah di torehkan oleh Indonesia dalam sejarah IAAF World U20 Championships adalah finish di posisi ke delapan pada tahun 1986. Kini sejarah tersebut telah berubah dan Lalu mencatatkan namanya sebagai atlet Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar juara di ajang ini.

Pelari sprint berumur 18 tahun ini mencatatkan waktu 10.18 detik (1.2 m/s), dan melaju mengalahkan Anthony Schwartz (10.22) dan Eric Harrison (10.22). Torehan waktu tersbeut juga sekaligus menjadi rekor nasional pelari tercepat di Indonesia. Sementara pencatat waktu tercepat dalam semifinal, Henrik Larsson asal Swedia justru hanya finish di posisi keenam.

Pada awal pertandingan terlihat sepertinya atlet asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz akan menjadi juara, tetapi Lalu yang datang datang dari belakang tanpa menyerah justru menyalip Schwartz.

“Saya akan mengadakan pesta malamini,” ucap Lalu menggambarkan kebahagiannya seperti dilansir dalam laporan IAAF.

“Saya sangat bahagia gelar juara ini dan dengan torehan rekor nasional di level junior saya. Sekarang saya akan mempersiapkan diri untuk menghadapi Asian Games pada bulan depan. Saya sangat bangga dan pencapaian ini sangat baik untuk pengalaman dan masa depan karir saya,” tambah Lalu.

Lalu Muhammad Zohri sendiri adalah juara Asian U20 yang diadakan pada wal tahun 2018 lalu dengan catatan waktu 10.25 detik.

Sumber Berita: IAAF.org


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments