youtube channel

Channels

Alexandra Calista, Terinspirasi Lindswell Kwok Menatap Kejuaraan Dunia Wushu 2019

Alexandra Calista, Terinspirasi Lindswell Kwok Menatap Kejuaraan Dunia Wushu 2019

Alexandra Calista, atlet wushu Indonesia, terinspirasi sukses Lindswell Kwok menatap Kejuaraan Dunia Wushu 2019

Ratu Wushu Indonesia yang dikenal cantik dan berprestasi dunia,Lindswell Kwok, telah pensiun setelah meraih Medali Emas di Asian Games 2018. Kini muncul “Ratu Wushu” lain yang tak kalah cantik dan berprestasi dari generasi milenial dan siap melanjutkan jejak emas Lindswell. Dia adalah Alexandra Calista Setiawan.

antvklik.com - Penampilan gadis 18 tahun, tinggi semampai saat membawakan jurus-jurus Taulo ini, mengingatkan dengan sosok Ratu Wushu Indonesia, Lindswell Kwok yang mengoleksi lima gelar juara dunia dan medali Emas Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Lindswell yang kini telah pensiun dari wushu adalah juara dunia 2009, 2013, 2015 (Dua nomor) dan 2017. Wushu adalah salah satu cabang olahraga nasional yang bisa unjuk gigi di pentas dunia, selain bulutangkis atau angkat besi.

"Saya memang mengidolakan Lindswell Kwok. Dan, saya ingin mengikuti jejak Lindswell yang sudah mengibarkan Merah Putih pada SEA Games, Asian Games dan Kejuaraan Dunia," kata Alexandra Calista Setiawan yang akrab dipanggil Tata, dan kini bersia[p mengikuti Kejuaraan Dunia Wushu 2019, 17-23 Oktober 2019 mendatang.

Tadinya, Tata tidak tertarik dengan olahraga beladiri asal Tiongkok ini. Tetapi, keseringan mengantar adiknya bersama kedua orang tuanya berlatih di Klub Wushu Purwa Aldaka Surakarta itu menyeretnya.

Alexandra Calista Alexandra Calista jadi salah satu atlet andalan Indonesia meraih prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu dan Sea Games 2019 mendatang.

"Awalnya terpaksa berlatih karena disuruh menemani adik yang ikut latihan wushu. Eh... ternyata latihan wushu itu cukup bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asma.. Dari sejak itu, saya langsung memutuskan terus menekuni wushu untuk menjaga kesehatan dan juga mengejar prestasi," katanya.

Keseriusan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Willy Brodus Setiawan dan F Kurniawati dalam berlatih membuahkan hasil. Berkat penampilannya yang sangat bagus itu, Alexandra Calista mulai mengoleksi gelar juara nasional.

Kini, dia terpilih menjadi anggota Tim Pelatnas Wushu yang dipersiapkan untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Wushu, 17-23 Oktober dan SEA Games XXX Filipina, 31 Nopember hingga 12 Desember 2019 mendatang.

Rahasia kesuksesan Alexandra Calista meraih prestasi itu tidak terlepas dari dukungan kedua orang tuanya. Makanya, dia tidak pernah melupakan pesan kedua orangtuanya itu pada setiap penampilan.

"Tampilkan apa yang kamu pelajari. Kamu adalah taiji, dan taiji adalah kamu. Taiji itu kesukaanmu dan hiburlah semua orang dengan gerakan yang indah. Itulah pesan kedua orang yang tidak akan pernah saya lupakan dan itu menjadi motivasi saya untuk meraih prestasi pada setiap penampilan," ungkapnya.

Kini, gadis kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 18 Juli 2001 sudah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti jejak Lindswell Kwok. Tahun 2019 ini, dia mulai mengawali langkahnya mengejar prestasi dengan menjalani Trainning Camp (TC) bersama 7 atlet wushu taulo di Nanjing, China.

"Yang pertama saya merasa bangga dan senang menjalani TC di China apalagi mendapat kesempatan berlatih bersama dengan Tim Wushu China. Jadi, saya lebih termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri setelah melihat gerakan-gerakan atlet wushu China yang dipersiapkan menuju kejuaraan dunia, Mudah-mudahan saya bisa meraih prestasi terbaik pada Kejuaraan Dunia Wushu maupun SEA Games Filipina 2019," jelasnya.

Bio Data

Nama : Alexandra Calista Setiawan

Panggilan : Tata

Lahir : Surakarta, Jawa Tengah, 18 Juli 2001

Nomor yang diikuti : Taiji Quan dan Taiji Jian

Klub Wushu dan pelatih: Purwa Aldaka (Pelatih- Santoso Harjanto dan Noviana)

Nama Ayah : Willy Brodus Setiawan / guru

Nama Ibu : F. Kurniawati / guru

Posisi dalam Keluarga: Anak pertama dari dua bersaudara

Prestasi :

Tahun 2019 :

- Perak Taiji Jian Kejurnas Piala Presiden, Pangkal Pinang

- Perunggu Taiji Quan Kejurnas Piala Presiden, Pangkal Pinang

Tahun 2018 :

- Perunggu Taiji Quan Kejurnas Piala Raja, Yogyakarta

Tahun 2017 :

- Perunggu Taiji Jian Kejurnas Road to Asian Games, Jakarta

- Perak Taiji Quan Kejurnas Road to Asian Games, Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments