youtube channel

Channels

Satelit Merah Putih Telkom 4 Beroperasi Hingga 20 Tahun | ANTVKLIK

Satelit Merah Putih Telkom 4 Beroperasi Hingga 20 Tahun

antvklik.com - - Satelit Merah Putih Telkom 4 berhasil diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa SpaceX dari Cape Caneveral, Florida , Amerika Serikat. Roket telah diluncurkan pada pukul 01.18 waktu setempat atau pukul 12.18 WIB, Rabu 7 Agustus 2018.

Satelit Merah Putih Telkom 4 ini menggantikan satelit Telkom 1 yang sudah harus pensiun. Satelit Telkom 4 berbobot 5,8 ton ini, membawa 60 transponder, sebanyak 36 transponder akan digunakan untuk kepentingan lokal Indonesia, sedang 24 transponder lainnya digunakan untuk ekspansi bisnis Telkom ke Asia Selatan.

Satelit Merah Putih diestimasikan memiliki waktu aktif selama 16 tahun, namun Telkom telah menyiapkan bahan bakar untuk satelit untuk masa 20 tahun.

Biaya untuk peluncuran satelit Merah Putih Telkom 4 ini lebih hemat 28 persen dibanding dengan peluncuran satelit Telkom 3S tahun 2017 lalu, yang biayanya mencapai 215 juta USD atau sekitar 3 triliun rupiah lebih. Penghematan ini bisa dilakukan, karena SpaceX satu satunya perusahaan yang memiliki roket pembawa satelit yang bisa digunakan berulang-ulang, dimana roket bisa dipergunakan kembali hingga 10 kali.

Satelit Merah Putih nantinya akan mengorbit di 108 Bujur Timur , tepat di atas Selat Karimata.

Hingga kini peranan satelit masih diperlukan di negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Dengan satelit, akses informasi dapat diakses ke seluruh wilayah yang selama ini masih belum terjangkau baik lewat fiber optik, maupun terestrial.

(Reuters)


icon featured

Related Video

icon featured

Comments