youtube channel

Channels

Pasar Kakiyah Favorit Jemaah Haji Indonesia Beli Kambing Buat Bayar Dam | ANTVKLIK

Pasar Kakiyah Favorit Jemaah Haji Indonesia Beli Kambing Buat Bayar Dam

antvklik.com - Jamaah haji Indonesia umumnya menjalankan haji tamattu, yakni menjalankan ibadah umrah sebelum haji. Agar bisa lepas dari kewajiban ikhram sebelum perlu ke arafah untuk wukuf, jamaah diwajibkan bayar dam atau denda.

Namun para jamaah perlu mencermati waktu pelaksanaan pembayarannya. Pembayaran dam karena haji tamattu ini termasuk dam nusuk, karena melaksanakan haji berdasarkan ketentuan yang diterapkan oleh pemerintah bagi seluruh jamaah Indonesia.

Batas akhir pembayaran denda ii dilakukan sebelum hari nahr pada 10 Dzuhijjah.

Di Mekah ada pasar Kakiyah yang khus menjual kambing-kambing yang digunakan para jemaah haji membayar Dam. Pasar hewan Kakiyah di pinggir di Kota Mekah jadi salah satu tempat favorit jemaah

Di pasar ini jemaah tinggal memilih kambing sesuai yang diinginkan, lalu menyebutkan namanya, maka sang kambing dipotong. Selesailah kewajiban.

Menurut Laporan reporter Antv Ihsan Salam, selain memilih kambing dan memotongnya, jemaah haji juga dapat membeli kupon. Pembelian kupon senilai SAR450 atau Rp1,575 juta (kurs Rp3.500 per riyal Arab Saudi) yang tersebar di sejumlah titik Masjidil Haram.


icon featured

Related Video

icon featured

Comments