youtube channel

Channels

Ada Bayangan Hitam Raksasa di Perairan Derawan. Apa Itu? | ANTVKLIK

Ada Bayangan Hitam Raksasa di Perairan Derawan. Apa Itu?

antvklik.com - - Kapal yang membawa para jurnalis, peserta Media Expert Meeting bersama Humas MPR, melaju cepat meninggalkan Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur, baru-baru ini. Dengan kecepatan 50-60 km/jam, hentakan lambung kapal saat memecah laut begitu terasa. Namun baru 30 menit melaju. kapal tiba-tiba mengurangi kecepatan, hingga nyaris berhenti.

Awalnya para penumpang mengira, nakhoda kapal sengaja menghentikan kapal untuk membiarkan kapal lain melintas yang datang dari arah kiri. Namun kapal itu rupanya juga mengurangi kecepatan, seperti sama-sama menunggu sesuatu.

Tiba-tiba, terlihat bayangan hitam berukuran besar dari dalam lautan. Tak hanya satu, ada beberapa bayangan yang muncul dari sisi kiri dan kanan kapal. Semuanya bergerak anggun seperti konvoi di lautan.

Sesekali bayangan hitam itu muncul di permukaan, menampakkan diri dengan kibasan siripnya. Rupanya inilah momen yang dinanti para wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Derawan, yaitu bertemu ikan pari manta raksasa.

Pemandangan Langka

Erik, pemandu wisata yang juga instruktur selam di Derawan mengatakan, momen seperti ini begitu langka. Tidak setiap saat ia dapat bertemu dengan konvoi pari manta. Karena itu Erik berkali-kali menyebut, rombongan di kapal ini sangat beruntung dapat bertemu konvoi pari manta.

Diperkirakan dalam konvoi, terdapat belasan pari manta. Ukuran masing-masing pari manta sangat besar. Lebar siripnya saja diperkirakan mencapai 7 meter dengan berat sekira 2 ton. Uniknya, kawanan pari manta seperti tak terganggu dengan keberadaan penyelam dan kapal-kapal cepat yang berhenti dalam jarak cukup dekat. Konvoi pari manta terus bergerak anggun melintasi perairan lepas.

Pari Manta Dikenal Jinak

Pari manta bukanlah seperti ikan pari lain yang memiliki sengat mematikan. Ikan jenis ini dikenal jinak dan ekornya tidak memiliki sengat. Pari manta merupakan salah satu ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dapat mencapai 9 meter lebih. Bobotnya diperkirakan dapat mencapai 3 ton.

Pari manta dapat ditemukan di lautan tropis di seluruh dunia. Dengan sebaran yang luas ikan ini memiliki banyak nama, mulai dari manta Pasifik, manta Atlantik, devil fish dan sea devil. Dan salah satu surga pari manta dunia terdapat di Kepulauan Derawan.

Pari Manta memiliki ciri khas dua sirip menonjol seperti tanduk (Courtesy Daily Mail)

Ciri khas pari manta adalah sepasang sirip yang menonjol mirip tanduk dekat mulutnya. Sirip ini berguna untuk membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton, makanannya. dalam sehari, seekor pari manta dapat menyedot plankton sampai berton-ton.

Ini dia videonya :


icon featured

Related Video

icon featured

Comments