youtube channel

Channels

Wisman diajak Jalan-Jalan Pake Sepeda Ontel Keliling Desa, Begini Keseruanya...

Wisman diajak Jalan-Jalan Pake Sepeda Ontel Keliling Desa, Begini Keseruanya...

Wisman diajak Jalan-Jalan Pake Sepeda Ontel Keliling Desa, Begini Keseruanya...

Ada ada saja cara orang berbisnis melaui hobi, seperti Muntowil aliasTowil, berkat kecintaanya pada sepeda ontel, Towil mencetuskan ide untuk wisata keliling desa dengan mengendarai sepeda, dan sasarannya adalah wisatawan mancanegara.

antvklik.com - - Muntowil ingin mengenalkan desanya yakni Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, dengan berkeliling dengan sepeda ontel.

Towil memiliki 100 unit sepeda ontel tua, yang akan mengajak jalan wisatawan. Ia membagi paket perjalanan berdasarkan jarak. Namun umumnya pelancong lebih memilih paket 10 km. Menurut Towil jarak 10 km dapat di tempuh 2 hingga 2, 5 jam.

“Sepeda ontel saya bukan cuma untuk wisatawan asing kok. Wisatawan lokal juga boleh. Hanya saja yang banyak itu dari luar negeri. Kalau orang Indonesia kan dah biasa naik sepeda sambil liat sawah,” papar Towil.

Jalur yang dipilih Towil juga tidak biasa. Pengunjung di ajak melalui jalan setapak, pematang sawah, hingga jalan- jalan di pegunungan. Sesekali Towil mengajak para wisatawan berhenti di kebun warga. Towil menjelaskan jenis- jenis tanaman yang ada di kebun warga.

“Ga cuma naik sepeda. Saya juga ngajak mampir ke kebun warga. Kenalan sama warga juga. Sekalian saya perkenalkan tanaman yg ada sini. Mereka banyak yang ga tau pohon kapuk. Padahal kan kapuk untuk buat baju ya,” papar Towil.

Towil juga mengajak wisatawan untuk mencicipi buah di desanya. Seperti belimbing wuluh, kelengkeng dan buah naga.

Ketika musim panen padi, towil mengaja tamunya untuk turun ke sawah.

"Sekarang kan Kulonprogo lagi panen padi. Ya saya ajak nyemplung ke sawah. Coba manen. Dari potong padi sampe nggiling padi. Misahkan butiran padi dari tangkainya,” kata Towil.

Paket wisata naik ontel keliling desa dihargai Rp350 ribu per orang. Towil tak hanya menjual ontel saja ia juga ingin memperkenalkan keramahan warga sekitar kepada wisatawan, agar mau datang dan datang lagi.

(Ari Wibowo | Kulonprogo | Yogyakarta)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments