youtube channel

Channels

Plesiran Ke Kutai Kartanegara, Ada Apa Ya di Sana ?

Plesiran Ke Kutai Kartanegara, Ada Apa Ya di Sana ?

Plesiran Ke Kutai Kartanegara, Ada Apa Ya di Sana ?

antvklik.com - - Mendengar liburan ke Kalimantan Timur, pastilah yang terbenak di pikiran adalah tempat wisata terkenal macam Berau maupun Samarinda. Namun, tak ada salahnya sedikit anti-mainstream dengan mencoba berkunjung ke salah satu daerah pecahan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Banyak tempat-tempat historis yang bisa dikunjungi, sembari menikmati pemandangan di sepanjang sungai Mahakam, sungai terpanjang di Kalimantan Timur.

Menempuh perjalanan darat sekitar 4 jam setibanya di Bandara Sepinggan, Balikpapan, saya menyusuri jalanan naik turun dan kebanyakan menembus hutan untuk bisa mencapai kota Samarinda, Kalimantan Timur. Akses menuju ke Kabupaten Kutai Kartanegara maupun ke Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur, memang saat ini hanya baru bisa sampai Balikpapan bila menggunakan pesawat terbang. Belum adanya bandara di Samarinda, mengharuskan kita menyambung perjalanan dengan menggunakan mobil.

Tak berapa lama, saya pun tiba di Kukar. Dan langsung saja menuju Kantor Bupati untuk menemui kenalan disana. Kantor Bupati Kukar terletak di Kecamatan Tenggarong. Yang merupakan pusat aktifitas ekonomi dan pariwisata.

Kantor Bupati Kukar terletak di Kecamatan Tenggarong

Tenggarong, yang merupakan ibukota Kutai Kartanegara, sejatinya dipisahkan oleh sebuah sungai besar yang juga merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur, yakni sungai Mahakam. Namun, sejak adanya jembatan yang menghubungkan Tenggarong dan sekitarnya, kini akses menuju ke Tenggarong lebih mudah, ketimbang dulu yang masih menggunakan perahu penyebrangan.

Ada baiknya memang, jika ingin berkunjung ke Kukar, terlebih dahulu kita harus melihat kalender event. Utamakan saat Erau Festival berlangsung, agar banyak mendapatkan momen keseruan serta spot foto-foto yang menarik. Biasanya, Erau Festival dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kutai Kartanegara yang jatuh pada bulan September-Oktober. Namun hal ini bisa saja berlangsung lebih cepat, misal bulan Juli atau Agustus.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments