youtube channel

Channels

Warung Makanan Roh Halus Jogja. Mau Coba? Jangan Deh

Warung Makanan Roh Halus Jogja. Mau Coba? Jangan Deh

Warung Makanan Roh Halus Jogja. Mau Coba? Jangan Deh

antvklik.com - www.antvklik.com- Jogja memang surga kuliner. Sederet nama warung tradisional yang sedap menjadi tujuan banyak orang kalau ke Jogja. Sebut saja Warung ayam Kalasan, Gudeg Jogja hingga sate klatak. Namun pangsa warung yang satu ini lain. Namanya juga aneh, Warung Makanan Roh Halus di bilangan Wirobrajan, Yogyakart. Menunya memang bukan untuk makanan manusia. Karena itu warung ini berani mengatakan menyajikan makanan roh halus, sebut saja menunya berikut: kembang dan berbagai keperluan sesaji.

Bagi masyarakat Jawa memberi makan roh halus ritual menyajikan bunga dan sesaji merupakan wujud penghormatan mereka terhadap leluhur. Dibandingkan dengan warung ayam goreng kalasan atau sate klatak, Warung Makanan Roh Halus yang menjajakan "jajanan" para roh halus ini tergolong laris.

Salah satu warung makanan roh halus itu "Warung Makanan Roh Halus Mbak We" yang berlokasi di Jalan RE. Martadinata No.7, Wirobrajan, Yogyakarta.

Warung Makanan Roh Halus ini tergolong paling laris. Tentu sang roh halus tak datang sendiri, makan dan membayar makanan2 roh halus ini. Pelanggannya warga sekitar, termasuk sejumlah abdi dalem Keraton Yogyakarta. Bukan untuk makanan mereka sendiri, tampaknya.

Adapun, menu-menu yang dijajakan oleh Warung Makanan Roh Halus tersebut, antara lain bunga sripah, bunga macan kerah, leson syarat-syarat keperluan ritual, dupa, segala macam minyak untuk ritual, dan segala macam ronce melati.

Tri Waryanti (47), pemilik warung makanan roh halus mengatakan, warungnya adalah warung yang menjual bunga untuk keperluan ziarah dan beberapa keperluan spiritual.

Warung yang dikelolanya sekarang adalah peninggalan dari mertuanya yang merintis usaha tersebut sejak puluhan tahun yang lalu.
Mengenai nama yang unik untuk warung tersebut adalah pemberian oleh suaminya sejak dulu.

Jika warung-warung lain mengalami masa panen setiap akhir pekan atau musim liburan, warung makan di Jogja yang satu juga demian. Warung yang satu ini ramai dikunjungi setiap menjelang malam Jumat kliwon atau malam-malam seram lain seperti malam 1 Syuro.

Mau ke Jogja? Tentu gak usah juga datang, apalagi mencicipi makanan para roh halus ini. Gak enak. Percayalah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments