youtube channel

Channels

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

- Gigi yang rusak karena berlubang sangatlah menyakitkan dan tidak menyenankan. Agar kita mengalami hal yang tidak mengenakan tersebut, rajin-rajinlah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dari gigi serta mulut.

antvklik.com - Apalagi anak kecil, anak kecil juga harus rajin untuk mejaga kebersihan dan kesehatan giginya agar tidak mendapatkan masalah yang besar.

Berikut sejumlah tips menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Pergi ke dokter gigi

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong Google Image

Dokter gigi adalah satu-satunya orang yang dapat mengerti masalah -masalah yang terjadi kesehatan gigi dan mulut kita.

Dengan kita pergi ke dokter gigi kita dapat mengetahui apakah gigi kita terjadi masalah atau tidak dan ia dapat mengetahu penyebab dari sakitnya gigi kita hingga kita sakitnya tersebut bisa diredakan.

Untuk pergi ke dokter gigi tidak perlu menunggu sakit terlebih dahulu, kalau perlu setiap beberapa bulan sekali kita rutin pergi ke dokter gigi untuk mengecek kesehatan dari gigi kita.

2. Sikat gigi

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong Google Image

Menyikat gigi adalah cara untuk mejaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut kita.

Kita perlu menyikat gigi secara rutin minimal sebanyak 2 kali dalam satu hari. Tidak perduli anak kecil atau dewasa, aturan ini tetap berlaku sama.

Di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari setalah makan malam dan menjelang tidur merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan gigi.

3. Pilih pasta gigi yang mengandung Fluoride

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong Google Image

Menyikat gigi tak bisa hanya menggunakan sikat gigi saja, masih diperlukan juga yang namnya pasta gigi atau yang biasa di sebut orang Indonesia odol.

Di supermarket, banyak sekali pasta gigi dengan berbagai merk yang dijual. Dalam pasta gigi, sudah terkandung sejumlah kandungan yang sekira bagus untuk membersihkan serta menjaga kebersihan gigi, salah satunya adalah fluoride.

Apa sih kegunaan fluoride untuk gigi? Fluoride itu dapat mengembalikan mineral di gigi yang hilang yang berasal dari plak bakteri dan gula.

Tanpa penambahan mineral ini, gigi menjadi mudah goyang atau menjadi bolong. Dengan fluoride, plak yang mengandung bakteri yang menempel pada gigi, bisa hilang.

4. Gunakan Mouthwash

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong Google Image

Enggak banyak orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan obat kumur untuk membersihkan gigi serta mulut.

Padahal obat kumur sangat bagus juga untuk menjaga kesehatan serta kebersihan mulut dan gigi.

Manfaat lain bisa diberikan oleh mouthwash. Pertama, mouthwash bisa mengurangi tingkat asam dalam mulut. Kedua, ada banyak area yang tak bisa dibersihkah dengan sikat gigi, namun mouthwash bisa melakukannya.

Dan yang terakhir, mouthwash bisa memineralisasi ulang gigi. Kalian bisa tanya manfaat mouthwash dan mouthwash seperti apa yang dibutuhkan pada apoteker atau dokter gigi.

5. Jangan gunakan gigi selain untuk mengunyah makanan

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Supaya Gigi Tidak Bolong Google Image

Seberapa sering kalian menggunakan gigi kalian untuk hal lain selain mengunyah makanan? Mari kita coba ambil contoh seperti membuka tutup botol, merobek plastik makanan atau membuka tutup pulpen yang keras?

Menganggap gigi adalah hal yang kuat sehingga menggunakannya untuk hal lain selain mengunyah makanan adalah kesalahan.

Mungkin ada orang yang memiliki gigi super kuat yang bahkan bisa digunakan untuk menarik truk besar, tapi mungkinkah Anda sekuat orang tersebut? Belum tentu.

Untuk amannya, lebih gunakan gigi sebagaimana mestinya. Jangan pernah gunakan untuk hal lain selain mengunyah makanan demi kesehatan gigi Anda sendiri.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments