youtube channel

Channels

The Long March of Siliwangi, Film Perdana Indonesia

The Long March of Siliwangi, Film Perdana Indonesia

Sejumlah 11 batalyon Divisi Siliwangi bersama keluarga mereka dan penduduk sipil lainnya berjalan kaki dari Yogyakarta menuju Jawa Barat. Peristiwa ini dikenal dengan Long March Siliwangi. Foto: alqurasy.blogspot.com

Darah dan Doa (dalam bahasa Inggris: The Long March [of Siliwangi] atau Blood and Prayer) ialah sebuah film Indonesia karya Usmar Ismail yang diproduksi pada tahun 1950. Ini cuplikan awal filmnya.

antvklik.com - Film ini merupakan film Indonesia pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara (setelah berakhirnya Perang Kemerdekaan Indonesia).

Film ini ialah produksi pertama Perusahaan Film Nasional Indonesia (PERFINI), dan tanggal syuting pertama film ini (30 Maret 1950) kemudian dirayakan sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keppres Nomor 25/1999.

Kisah film ini berasal dari skenario penyair Sitor Situmorang. Menceritakan perjalanan panjang (long March) prajurit Divisi Siliwangi yang diperintahkan pulang dari Yogyakarta ke Jawa Barat. Kala itu, Yogyakarta diserang dan diduduki pasukan Belanda melalui Agresi Militer.

Ada bumbu kisah cinta yang menarik di sini. Polemik cinta. Kapten Sudarto, yang telah beristri, jatuh cinta pada salah seorang gadis Jerman. Keduanya bertemu saat berada di tempat pengungsian.

Ini cuplikannya adegan pembukaan filmnya, bukan kisah percintaan Kapten Sudarto ...


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments