youtube channel

Channels

Tempat Penangkaran Penyu Di Indonesia Yang Menakjubkan

Tempat Penangkaran Penyu Di Indonesia Yang Menakjubkan

Tempat Penangkaran Penyu Di Indonesia Yang Menakjubkan

antvklik.com - - Saat ini, di seluruh dunia hanya terdapat 7 jenis penyu yang masih bertahan hidup dan belum punah. 7 jenis penyu yang dimaksud adalah penyu hijau, penyu sisik, penyu Kemp’s ridley, penyu lekang, penyu belimbing, penyu pipih dan penyu tempayan. Dari ketujuh jenis penyu tersebut, hanya penyu jenis Kemp’s ridley saja yang belum pernah ditemukan di perairan Indonesia. Seekor induk penyu bisa menghasilkan hingga 250 butir telur. Meskipun menghasilkan jumlah telur yang tidak sedikit jumlahnya, tak semua telur penyu tersebut bertahan hidup menjadi penyu dewasa. Dari jumlah telur yang dihasilkan, hanya seekor penyu yang bisa bertahan hingga mencapai umur dewasa yakni 10 tahun. Sisanya entah mati karena pemangsa lain atau tidak dapat bertahan hidup di alam pada saat masih kecil. Pemangsa penyu yang peling utama adalah biawak. Belum lagi ulah manusia yang memangsa penyu untuk memakan dagingnya. Meski sudah ada Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pelestarian Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang melindungi semua jenis penyu, perburuan terhadap hewan yang berjalan lamban ini terus berlanjut. Untuk mencegah kepunahan penyu dari pemangsa maupun ulah manusia, beberapa negara telah melindungi tempat bertelur penyu dan berikut 5 tempat penangkaran penyu yang terdapat di Indonesia.

1. Tempat Penangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

penangkaran penyu yang sudah ada sejak tahun 1984, pada awalnya didirikan di pulau Semak Daun kemudian dipindahkan ke Pulau Pramuka. Banyak penyu yang bertelur di gugusan Kepulauan Seribu, seperti Peteloran Timur dan Peteloran Barat. Kedua tempat tersebut merupakan sumber telur dari penangkaran di Pulau Pramuka.

Tempat Penangkaran Penyu

Penangkaran penyu yang terdapat disini dibuat sedemikan rupa dengan habitat penyu aslinya bertelur. Medianya pasir dan berpagar sehingga terhindar dari predator. Penyu yang terdapat di penangkaran akan dikembalikan lagi ke habitat asal meraka, yakni laut jika sudah cukup umur. Jenis penyu yang terdapat di penangkaran ini kebanyakan jenis Penyu Sisik.

2. Tempat Penangkaran Penyu Gili Trawangan, NTB

Penduduk di Pulau Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat, memiliki tradisi melestarikan penyu langka. Tradisi menangkarkan penyu ini sudah berlangsung sejak tahun 1996 dan dilakukan secara swadaya. Di tempat ini, ratusan penyu yang sudah berumur lima bulan akan dilepas kembali ke laut lepas. Pelepasan penyu di Penangkaran Penyu Gili Trawangan, NTB dilakukan sebanyak dua kali per tahun.

Tempat Penangkaran Penyu

Kegiatan yang sudah berlangsung dari tahun 1996 ini bahkan menjadi hiburan menarik bagi para wisatawan hingga sekarang. Jika kamu ingin melihat langsung penangkaran penyu tersebut, maka kamu akan menemukan penyu berjenis penyu hijau, penyu lekang, dan penyu sisik.


icon featured

Popular

icon featured

Comments