youtube channel

Channels

Sujiatmi, Ibunda Presiden Jokowi, Sosok Pelantun Kidung 'Tak Lelo Lelo Ledung'

Sujiatmi, Ibunda Presiden Jokowi, Sosok Pelantun Kidung 'Tak Lelo Lelo Ledung'

Sujiatmi, Ibunda Presiden Jokowi, Sosok Pelantun Kidung 'Tak Lelo Lelo Ledung' (Foto: Istimewa)

Kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo. Sang ibunda presiden, Ibu Sujiatmi Notomiharjo menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB.

antvklik.com - Bagi Presiden Jokowi, sosok sang Bunda punya banyak kenangan indah, termasuk kebiasaan sang ibunda saat dirinya masih kecil.

Almarhumah Sujiatmi lahir di Solo pada 15 Februari 1943 dari keluarga yang sederhana. Ia merupakan putri dari pasangan Wirorejo dan Sani, pedagang kayu asal Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Pada tahun 1965, Sujiatmi bertemu dengan Notomiharjo yang akhirnya menjadi suaminya. menikah dengan seorang pria bernama Notoharjo. Dari pernikahan tersebut terlahir empat anak yakni Joko Widodo (Jokowi), Iit Sriyantini, Titik Relawati dan Ida Yati.

Usaha bisnis mebel yang ditekuni Joko Widodo memang rintisan dari sang Ibunda Sujiatmi dan sang Ayahanda. Jokowi sendiri terbilang sangat dekat dengan sang ibunda.

Kedekatan tersebut juga pernah diceritakan sang ibunda. Sujiatmi sempat menceritakan kebiasaan uniknya saat membesarkan Jokowi kecil.

Untuk menidurkan Jokowi kecil, sang ibunda selalu melantunkan lagu 'Tak Lelo Lelo Ledung', sebuah tembang yang menggambarkan kasih sayang seorang orang tua.

"Sampai dua tahun, waktu masih kecil, sampai punya adik. Biasanya 15 menit (menyanyikannya)," kata Sujiatmi saat itu. seperti dikutip dari viva.co.id.

Menurut Sujiatmi saat itu, ia juga berpesan kepada Jokowi untuk selalu jujur, bekerja keras, tulus dan ikhlas.

"Besok kamu mau jadi apa saja boleh, terserah pilihanmu. Tapi pesan ibu harus jujur ya. Selalu jujur diingat terus," kata Sujiatmi.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments