youtube channel

Channels

Sepeda Kayu Unik, Tembus Pasaran Internasional Harganya Ratusan Juta Rupiah

Sepeda Kayu Unik, Tembus Pasaran Internasional Harganya Ratusan Juta Rupiah

Sepeda kayu unik dari Klaten, Jawa Tengah (Foto: ANTV/ Agus Saptono)

Di tengah maraknya bersepeda, seorang warga Klaten, Jawa Tengah membuat sepeda dari kayu. Karena uniknya, banyak warga yang memesan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Satu sepeda dijual dengan harga diatas Rp100 juta.

antvklik.com - Berbekal sebagai tukang kayu, Sarijo, warga Dukuh Seworangan, Desa Tambakan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, setiap hari sibuk memproduksi sepeda kayu.

sepeda kayu(2) Sepeda kayu buatan Sarijo harganya diatas Rp100 juta (Foto: ANTV/ Agus Saptono)

Sepeda kayu buatan Sarijo menggunakan bahan kayu waru dan limbah besi lainnya. Untuk membuat satu sepeda, Sarijo membutuhkan waktu paling lama lima hari. Semua kerangka sepeda menggunakan bahan kayu, sedangkan gir dan rantainya, mengambil dari barang bekas atau rongsokan.

Saat ini Sarijo sudah membuat 5 unit sepeda kayuh dengan roda besar di bagian depan setinggi 120 centimeter dan roda kecil di bagian belakang setinggi 30 centimeter. Ide pembuatan sepeda kayu muncul sejak tahun 2015, lantaran pernah melihat hiasan jam rumah berbentuk sepeda, lalu berinisiatif membuat sepeda sungguhan. Hingga saat ini sudah ada 10 pesanan datang dari berbagai daerah di tanah air bahkan dari luar negeri, diantaranya India dan Spanyol.

“ Kayunya ini campuran, macam-macam ada kayu jati, ada kayu waru, kayu mindi. Yang paling kuat kayu waru. Kalau mengenai harga, agak sulit ya... tapi dari pesanan untuk luar negeri harganya diatas seratus juta rupiah, “ ujar embuat sepeda kayu, Sarijo.

Setiap minggu sepeda buatan Sarijo dipakai bersepeda bersama komunitas sepeda hingga sampai Yogyakarta dan Solo.

Agus Saptono | Klaten, Jawa Tengah


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments