youtube channel

Channels

Semesta Pernah Membangunkan Hanum Salsabiela Rais

Semesta Pernah Membangunkan Hanum Salsabiela Rais

Foto: Sutisno Rosadi | Koleksi Pribadi

Hanum Salsabiela Rais adalah putri pasangan Muhammad Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu. Hanum lahir di kota Yogyakarta, 12 April 1982. Hanum adalah seorang dokter gigi, jurnalis, pernah menjadi presenter televisi, dan penulis.

antvklik.com - Hanum Salsabiela Rais adalah sosok yang cerdas dan keren. Lulusan Universitas Gadjah Mada ini pada tahun 2010, menerbitkan buku pertamanya. Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta. Ini adalah novel biografi tentang kepemimpinan, keluarga dan mutiara hidup. Buku yang mengisahkan perjuangan Muhammad Amien Rais.

Semesta Pernah Membangunkan Hanum Salsabiela Rais Hanum Salsabiela Rais dan buku untuk ayah tercinta, Amien Rais. (Foto: biografi-orang-hebat.blogspot.com)

Kemudian pada tahun 2013, Hanum menerbitkan buku 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa. Novel yang dibuat bersama oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, suaminya. Buku ini adalah novel sejarah Islam di Eropa.

Semesta Pernah Membangunkan Hanum Salsabiela Rais Buku 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa. (Foto: renifatmasari.blogspot.com)

Menyusul kemudian Bulan Terbelah di Langit Amerika, dan Berjalan di Atas Cahaya.

Ada yang menarik dari novel-novel Hanum. Terutama dalam 99 Cahaya di Langit Eropa. Hanum memuat banyak kata bijak. Seolah Hanum bisa melihat masa depan. Kini beberapa tahun kemudian, semua menjadi terang benderang. Nyata terjadi. Bahkan mungkin dilakoni Hanum.

Ini dia:

Misi kita adalah menjadi agen Islam yang damai, teduh, indah, yang membawa keberkahan di komunitas nonmuslim. Suatu saat kau akan banyak belajar bagaimana bersikap di negeri tempat kau harus menjadi minoritas. - 99 Cahaya di Langit Eropa (47)

Fanatisme agama dengan segala bentuknya merupakan sumber segala perselisihan, musuh bersama umat manusia. - 99 Cahaya di Langit Eropa (137)

Manusia sesungguhnya hanya membela kepentingannya sendiri. Dia tak pernah benar-benar membela agamanya. - 99 Cahaya di Langit Eropa (366)

Ada pertanyaan yang menggelitik. Mungkinkah ini semua adalah gambaran masa depan yang harus dilakoni Hanum? Mungkinkah ini cermin diri Hanum?

Media kekinian. Merekah tanpa batas, bahkan tak ada yang berani memprotes jika media memutarbalikkan fakta. Media membuat muslihat tipu daya, yang buruk menjadi mulia, dan yang mulia menjadi buruk rupa. Luar biasa kuatnya opini yang dibentuk media sehingga dapat mempengaruhi perekonomian, perpolitikan, sosial, budaya sebuah bangsa. - Bulan Terbelah di Langit Amerika (44)

Semua telah terjadi dan Semesta pernah membangunkan Hanum kala itu. Apakah Hanum menjawabnya? Apakah Hanum sudah beranjak dari tempat ia memejamkan mata?

Hanum Salsabiela Rais yang bisa menjawabnya sendiri secara tepat ...

Perjalanan panjangmu tidak akan mengantarkanmu ke ujung jalan, justru akan membawamu kembali ke titik permulaan. -99 Cahaya di Langit Eropa (372)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments