youtube channel

Channels

Selamatkan Uang Rp342 Juta Penumpangnya, Ini yang Didapat Sopir Taksi

Selamatkan Uang Rp342 Juta Penumpangnya, Ini yang Didapat Sopir Taksi

Sopir taksi Rajbir Singh (tengah) mendapat hadiah dari polisi di Roseville, California, AS (Foto: Roseville Police Department)

Seorang sopir taksi di California, Amerika Serikat (AS) berhasil selamatkan uang Rp342 juta milik penumpangnya. Polisi memberikan hadiah ini kepada sang sopir.

antvklik.com - Kejadian berawal saat sopir taksi bernama Rajbir Singh, membawa penumpang seorang nenek berusia 92 tahun di Roseville, California, dua pekan lalu.

Di tengah perjalanan, nenek itu mengaku kepada Singh bahwa ia harus mengambil uang dari bank untuk melunasi utang pajak. Si nenek cerita, beberapa hari sebelumnya ia ditelepon seorang pria yang mengaku sebagai petugas pajak.

Lewat telepon, pria itu menyebut si nenek berutang pajak sebesar 25.000 dollar AS dan harus segera melunasinya.

Mendengar ceritanya, Singh merasa curiga nenek ini sedang ditipu komplotan yang mengaku petugas pajak.

Singh memohon kepada penumpangnya agar jangan mengambil uang terlebih dahulu karena ini bisa jadi adalah upaya penipuan. Ia kemudian menawarkan si nenek ke kantor polisi guna memastikan kebenarannya.

"Saya pria jujur dan ini adalah orang tua. Mereka butuh pertolongan," kata Singh kepada CNN.

Menelepon Penipu

Singh kemudian meminta nenek itu menelepon lagi orang yang mengaku sebagai petugas pajak. Namun kali ini ia yang akan berbicara kepada si penipu.

"Kita menelepon nomor itu lagi, dan saya bertanya kepada pria (pelaku penipuan),'Kamu tahu siapa perempuan ini?' Jawabannya tidak tahu," kata Singh.

Ia kemudian menelepon pria itu lagi dan menyebut perempuan sedang ditipunya berusia 92 tahun. Setelah itu nomornya diblokir pelaku. Singh pun tidak bisa meneleponnya lagi.

Meski demikian, si nenek masih tidak percaya ia menjadi korban penipuan. Akhirnya Singh membelokkan taksinya ke Kantor Polisi Roseville.

Setelah diberi penjelasan oleh polisi, si nenek akhirnya sadar dirinya nyaris jadi korban penipuan.

Lewat postingan di Facebook, Kantor Polisi Roseville memuji apa yang dilakukan sopir taksi berhasil mencegah penumpangnya jadi korban kejahatan. Disebutkan, sopir taksi itu berhak atas penghargaan sipil.

"Dengan berpikir cepat, ia (sopir taksi) dapat menyelamatkan uang manula sebesar 25.000 dollar. Kita sangat mengapresiasi apa yang ia lakukan," tulis pernyataan Kantor Polisi Roseville.

Sepekan pasca kejadian itu, Singh ditelepon untuk datang ke kantor polisi lagi. Di sana, petugas polisi memberikannya kartu hadiah senilai 50 dollar AS atau setara Rp684 ribu.

CNN


icon featured

Popular

icon featured

Comments