youtube channel

Channels

Ratusan Warga Berebut Tumpeng Salak Raksasa di Tuban, Jawa Timur

Ratusan Warga Berebut Tumpeng Salak Raksasa di Tuban, Jawa Timur

Ratusan Warga Berebut Tumpeng Salak Raksasa di Tuban, Jawa Timur (Foto: ANTV/Hartono)

antvklik.com - Ratusan warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berebut tumpeng salak raksasa. Rebutan tersebut dalam rangka syukuran panen salak di kampung.

Sebelum diperebutkan, tumpeng berisi dua setengah ton salak diarak keliling kampung, menuju sumber mata air, sebagai wujud syukur warga karena diberikan kelimpahan air.

Ribuan warga dusun Karang Tengah, Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, tumpah ruah ke jalan desa setempat, untuk menyaksikan kirab gunungan salak.

Sebanyak dua setengah ton yang dibentuk menjadi tumpeng raksasa, sebelum diperebutkan warga, di arak keliling kampung sejauh satu kilo meter, menuju sumber mata air ngerong dan kembali menuju tengah kampung salak.

Dengan diiringi arak arakan yang diikuti oleh ratusan warga, serta sang ratu goa ngerong yang menaiki kereta kuda, lengkap dengan para dayangnya.

Setelah semua ritual dilakukan, serta secara simbolis Wakil Bupati Tuban, memetik buah salak dari tumpeng salak raksasa itu, warga yang sudah menunggu sejak pagi tidak sabar, untuk berebut buah yang manis khas desa setempat.

“Warga yang rebutan tidak hanya orang tua bahkan anak-anak pun, tidak ingin ketinggalan untuk mendapatkan salak. Warga meyakini dengan ikut rebutan salak ini, bisa mendapatkan berkah serta berharap tradisi rebutan tumpeng salak ini, dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya,” ujar Krisna, salah seorang peserta rebutan gunungan.

Tradisi ini sengaja digelar untuk memperkenalkan hasil bumi, yaitu buah salak yang sudah terkenal puluhan tahun silam. Sehingga dengan adanya pembukaan kampung salak ini, diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui adanya kampung salak.

“Selain itu, pawai arak-arakan tumpeng salak, yang di kawal oleh putri ngerong itu, adalah sebagai wujud syukur warga kampung, yang selama ini tidak pernah kekurangan air bersih, yang hingga kini terus mengalir dari sumber goa ngerong,” jelas Mundir, Ketua Panitia.

Selain kirab dan rebutan tumpeng salak. Dalam kegiatan ini juga ada pameran budaya Jawa, seniman lukis, bazar serta jagongan budaya untuk melihat potensi desa.

Hartono | Tuban, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments