youtube channel

Channels

Pentas Perkusi Robotik di Atas Pentas Panggung Portabel

Pentas Perkusi Robotik di Atas Pentas Panggung Portabel

Obrog percussion mobile karya komunitas Total Percussion Bantul. (Santosa Suparman/ANTV)

antvklik.com - Pentas perkusi robotik di atas pentas panggung portabel merupakan kreasi komunitas pecinta perkusi di Bantul, Yogyakarta. Panggung berjalan yang diberi nama obrog percussion mobile selain mudah di bawa berbagai tempat juga dilengkapi dengan perangkat elektronik dan robotik. musik perkusi dimainkan secara kolaboratif manual dan elektrik.

Obrog percussion mobile karya komunitas Total Percussion Bantul ini merupakan sebuah perangkat panggung berjalan dengan sistem rakitan sehingga bisa dibawa ke berbagai tempat dimana akan dilakukan pementasan. Obrog dirancang sedemikian rupa hingga bisa menjadi mini panggung dari kerangka besi dan papan berukuran sekitar tiga kali tiga meter.

Sebelum memulai pementasannya, mini panggung disiapkan dengan cara dirakit satu persatu berikut peralatan perkusinya. Kelebihan obrog ini sendiri selain bisa dibawa ke berbagai tempat. Dalam pementasannya juga menggunakan perangkat elektronik dan robotik yang dikendalikan dari aplikasi yang ada di smartphone.

Perangkat elektrik tersebut akan bekerja menggerakkan alat pemukul robotik hingga menghasilkan bunyi-bunyian tertentu. Dalam memainkannya perangkat elektrik akan berkolaborasi dengan permainan perkusi oleh musisi secara manual. Obrog ini diciptaan sebagai sebuah karya kreativitas yang digunakan sebagai media ekspresi pemuda para pecinta musik perkusi.

Instalasi mobile percussion project ini sendiri ditampilkan dalam event festival total perkusi 2019 sebagai bentuk karya kreativitas untuk membangkitkan gairah musik perkusi di Yogyakarta. Instalasi percussion mobile ini dirancang terinspirasi dari kesenian tradisional obrog di Indramayu yang kemudian dikembangkan lebih spesifik.

Santosa Suparman | Bantul, Yogyakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments