youtube channel

Channels

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat

Suasana ruang tunggu Bandara YIA, Kulonprogo, DIY pada Rabu, 3 Juni 2020. Foto: Ari wibowo | ANTV

Penerbangan di Bandara Yogyakarta International Airport mulai menggeliat. Setidaknya ada 30 pergerakan pesawat. Jumlah calon penumpang tembus 1000 orang setiap harinya. Kini bandara baru di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Yogyakarta ini kembali hidup.

antvklik.com - Sejumlah maskapai terus membuka rute penerbangan di Yogyakarta International Airport ‘YIA’. Setidaknya ada 30 pergerakan pesawat setiap harinya. Kenaikan jadwal terbang ini drastis karena sebelumnya hanya 10 pergerakan.

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat Foto: Ari wibowo | ANTV

Hingga saat ini ada 5 maskapai yang berada di Bandara YIA yaitu Citilink, Batik Air, Lion Air, Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Sedangkan maskapai Air Asia akan segera menyusul dan membuka penerbangan baru di sini.

PT Angkasa Pura I terus berupaya penuh mengatur dan memastikan calon penumpang mematuhi protokol kesehatan.

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat Foto: Ari wibowo | ANTV

Pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan ini calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat utama untuk bisa melakukan check-in. Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumplah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Adapun dokumen yang diverifikasi adalah tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19 dan dokumen lainnya sesuai edaran yang tercantum dalam surat edaran No.5/2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat Foto: Ari wibowo | ANTV

Selain menerapkan protokol kesehatan pada seluruh calon penumpang dan karyawan untuk mendukung New Normal, PT Angkasa Pura juga telah melaksanan pengaturan jadwal penerbangan bersama dengan maskapai untuk menghindari penumpukan penumpang di bandara.

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat Dea Arselia, calon penumpang yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Ari wibowo | ANTV

Dea Arselia, salah seorang calon penumpang mengatakan semua penumpang harus mengisi pula electronic Health Alert Card melalui aplikasi e-HAC yang dapat diunduh di Google Playstore untuk smartphone berbasis android. Ini untuk mempercepat proses pelayanan dan meminimalisir kontak fisik selama proses pemeriksaan dokumen.

Penerbangan Menggeliat, Calon Penumpang di Bandara YIA Meningkat Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama. Foto: Ari wibowo | ANTV

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan pihak Bandara YIA terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandara baik penumpang maupun pengantar agar mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Ari Wibowo | Kulonprogo, Yogyakarta


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments