youtube channel

Channels

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi

Foto: Metos

Beberapa tahun ke depan, Indonesia bebas impor buah anggur. Begitulah angan-angan Tatar Fatoni, pembibit anggur dari Pondok Pesantren Sabilulhuda, Desa Sukunan, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Sedikitnya 250 varietas bibit anggur dikembangkan di sini.

antvklik.com - Tiga tahun sudah, Tatar Fatoni melakukan riset. Hasilnya bibit anggur dari manca negara (impor) bisa ditanam di kawasan lereng Merapi. Namun tanam tidak asal tanam, ada tekniknya. Teknik sambung sisip!

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi Tatar Fatoni di lahan pembibitan Ponpes Sabilulhuda, Pakem, DIY. Foto: Pyo

Pada teknik sambung sisip ini, batang bibit anggur impor disambung pada akar bibit anggur lokal. Ini dilakukan supaya bibit anggur impor mampu beradaptasi dengan iklim lokal lereng Merapi.

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi Bibit anggur sambung sisip siap tanam. Foto: Pyo

Pemupukan bibit-bibit sambungan ini menggunakan pupuk kandang maupun pupuk cair. Pupuk cair yang digunakan berasal dari olahan urin kelinci dan kambing yang difermentasi. Tidak ada pupuk kimia yang digunakan di sini.

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi Foto: Pyo

Pusat pembibitan anggur di lereng Merapi ini adalah yang pertama di Kabupaten Sleman, DIY. Pembibitan dilakukan di lahan seluas 6.000 meter persegi milik pondok pesantren (4.000 meter persegi) dan tanah milik desa (2.000 meter persegi).

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi Foto: Pyo

Ada sedikitnya 250 varietas anggur impor, diantaranya dari Perancis, Ukraina, Jerman, Jepang dan Filipina. Paling unik adalah anggur dari Jepang, Tenzan! Buahnya berwarna hijau dan sebesar telor ayam kampung. Tenzan adalah buah anggur terbesar ke-2 setelah Ruby Roman, per butirnya bisa mencapai berat 40 gram. Wow!

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi Anggur Tenzan. Foto: Vinograd

Sssttt ... Ada bisik-bisik, anggur hitam dipercaya sebagai pencegah kanker. Anggur merah baik untuk jantung. Anggur hijau dipercaya mendongkrak vitalitas.

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi Tanpa pupuk kimia, pertumbuhan batang dan daun tetap kuat. Foto: Pyo

Namun secara umum, anggur dengan segala kandungan mineral dan nutrisinya mampu mencegah penyakit kanker, usus besar, diabetes, jantung, menyehatkan mata, daya ingat juga membuat wajah lebih awet muda. (*)


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments