youtube channel

Channels

NASA Gelar Sayembara Desain Toilet Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta

NASA Gelar Sayembara Desain Toilet Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta

NASA gelar sayembara toilet Bulan (Foto: NASA)

Badan ruang angkasa Amerika Serikat (AS) atau NASA menggelar sayembara desain toilet Bulan. Total hadiah yang disediakan sebesar 35 ribu dollar AS atau hampir Rp500 juta.

antvklik.com - NASA telah menetapkan proyek ambisius untuk kembali mengirim astronot ke Bulan pada 2024. Tentunya selama menjalankan misi di Bulan, harus ada toilet yang dapat digunakan para astronot.

Karena itu NASA menggelar sayembara membuat desain toilet di Bulan dengan sejumlah persyaratan khusus, termasuk untuk kebutuhan astronot wanita.

Di antara persyaratan yang diminta adalah, toilet itu harus dapat berfungsi di kondisi gravitasi kecil atau nol, mampu menghemat air, bebas dari bau atau kontaminasi lainnya.

Toilet Bulan harus mampu mendukung dua astronot selama 14 hari dan memungkinkan untuk transfer limbah yang dikumpulkan ke penyimpanan atau untuk dibuang di luar kendaraan.

Toilet harus dapat dibersihkan dengan mudah dan mengonsumsi daya kurang dari 70 watt serta menghasilkan suara tidak lebih berisik dari kipas atau fan kamar mandi.

Soal ukuran juga menjadi hal terpenting dalam desain toilet Bulan. Toilet ini harus memiliki berat kurang dari 33 pound atau setara 15 kilogram dan volumenya kurang dari 12 kubik meter.

Dalam sayembara disebutkan pula, akan menjadi poin tambahan bila desain toilet mampu menangkap muntahan astronot tanpa astronot perlu mendekatkan kepalanya ke toilet.

Iming-iming total hadiah 35 ribu dollar AS atau setara hampir 500 juta menanti pemenang. Pemenang pertama akan mendapat hadiah 20 ribu dollar AS. Untuk pemenang kedua dan ketiga masing-masing mendapat 10 ribu dollar AS dan 5 ribu dollar AS.
NASA menunggu desain toilet Bulan selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2020. Sementara para pemenang akan diumumkan pada Oktober mendatang.

CNN


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments