youtube channel

Channels

Menyentuh Hati! Selama Ramadan, Gereja Ini Sediakan Tempat Salat Bagi Umat Muslim

Menyentuh Hati! Selama Ramadan, Gereja Ini Sediakan Tempat Salat Bagi Umat Muslim

Ilustrasi.Selama Ramadan, Gereja Ini Sediakan Tempat Salat Bagi Umat Muslim. (Foto:Pixabay/MichaelGaida)

Selama bulan Ramadan, gereja di Jerman ini, meyediakan tempat yang digunakan umat muslim untuk menggelar salat Jum'at berjamaah.

antvklik.com - Gereja Injil Martha di Berlin, Jerman menyediakan tempat salat Jum'at bagi umat muslim selama berlangsungnya bulan Ramadan.

Seperti dilansir dari laman Newsweek, umat muslim di Jerman kesulitan untuk menggelar salat jamaah maupun salat Jumat karena peraturan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah Jerman sejak Maret, telah membuat peraturan khusus kegiatan keagamaan yang membatasi, kehadiran jamaah menjadi 50 orang disetiap tempat ibadah.

Masjid Dar Assalam di distrik Neukölln, Berlin, bisanya bisa menampung hingga 1.000 orang jamaah. Namun, saat pandemi ini, hanya sejumlah kecil orang yang diperbolehkan salat.

Gereja Injil Martha yang terletak sekitar 2,5 kilometer mengulurkan bantuan kepada umat muslim. Dengan membolehkan ruang gereja digunakan untuk menggelar salat berjamaah.

"Kami melihat Ramadhan sebagai hal yang sangat berharga," kata Monika Mathias, seorang pendeta di gerja Injil Martha, Kamis (21/5/2020).

"Kami berpikir bahwa berdoa dan membuka diri satu sama lain dan kepada Tuhan, membantu memperkuat umat manusia dan kedamaian."

Pihak Masjid Dar Assalam sangat mengapresiasi tawaran dari gereja. Bantuan dari gereja dinilai amat berarti bagi muslim di sekitaran distrik Neukölln.

Juru bicara masjid, Junita Villamor, menyebut jumlah jamaah salat Jumat yang hadir setiap pekannya kini bisa bertambah dua kali lipat.

"Ini adalah tanda solidaritas yang bagus. Kami hanya bersyukur, ini adalah kesempatan yang baik untuk dialog antar-agama dan luar biasa bahwa gereja melakukan ini," kata Villamor.

"Bagi kami itu sangat membantu karena kami sekarang memiliki satu pengkhotbah di masjid dan satu pengkhotbah di gereja pada hari Jumat sehingga lebih banyak orang dapat dihubungi," pungkasnya.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments