youtube channel

Channels

Hyderabadi Haleem Menu Wajib Berbuka Di India. Tertarik untuk Mencobanya?

Hyderabadi Haleem Menu Wajib Berbuka Di India. Tertarik untuk Mencobanya?

Hyderabadi Haleem Menu Wajib Berbuka Di India. Tertarik untuk Mencobanya?

antvklik.com - - Ramadan identik dengan makanan berbuka unik yang hanya bisa ditemukan selama bulan puasa terkadang hal tersebut menjadi menu wajib berbuka. Tidak hanya di Indonesia makanan unik tersebut juga ada di berbagai belahan dunia seperti halnya India.

Kalau di Indonesia kita punya kolak pisang atau bubur candil untuk berbuka, berbeda dengan halnya di India. Negara ini punya beberapa makanan khas sebagai menu wajib berbuka terutama di daerah-daerah tertentu, seperti halnya di kota Hyderabad.

Di kota tersebut mereka punya Hyderabadi Haleem, makanan ini berupa makanan besar yang bertekstur seperti bubur. Makanan ini sudah ada sejak abad ke 19, awalnya menu wajib berbuka ini merupakan makanan khas Arab yang di perkenalkan oleh orang Chaush ke negara bagian Hyderabad selama masa pemerintahan Nizam.

Hyderabad Haleem berbahan dasar gandum, kacang-kacangan, susu serta daging (bisa berupa daging kambing, sapi, atau ayam) dan juga rempah-rempah yang membuatnya semakin sedap. Waktu yang diperlukan untuk memasak hidangan ini yaitu selama 12 jam dengan api yang sangat kecil di atas kayu bakar.

Hidangan ini memiliki citarasa yang pedas serta gurih dengan banyak rempah-rempah didalamnya. Selain itu makanan ini juga memiliki banyak manfaat di dalamnya seperti protein tinggi dan anti-oksidan, dalam variasi isi tertentu makanan ini berpotensi rendah kolesterol, kaya mineral, fosfor dan vitamin.

Tak hanya itu ternyata popularitas Hyderabadi Haleem sudah terkenal dikacah Internasional. Di kotanya sendiri makanan ini biasa disajikan sebagai hidangan dalam pernikahan serta untuk berbuka puasa.

Maka tak heran apa bila hidangan ini sangat khas dan hanya dapat ditemukan di hari-hari tertentu. Karena selain bahan-bahan yang banyak dan kompleks, waktu pembuatan hidangan ini juga termasuk lama serta memerlukan banyak tenaga. Lalu, tertarikah kamu untuk mencobanya?


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments