youtube channel

Channels

Mengenal Penyakit Pneumonia yang Merenggut Nyawa Stan Lee

Mengenal Penyakit Pneumonia yang Merenggut Nyawa Stan Lee

Source: Google Image

- Kabar duka masih menyelimuti dunia komik dan animasi Amerika Serikat (AS) atas meninggalnya Stan Lee. Ia meninggal karena setahun terakhir didiaknosis menderita Pneumonia.

antvklik.com - Ketika ingin mengenal penyakit Pneumonia, biasa penyakit ini dikenal dengan istilah paru-paru basah. Penyakit ini adalah infeksi yang memicu peradangan pada kantong udara di salah satu paru-paru. Dalam kantong-kantong udara kecil di ujung saluran nafas dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi cairan untuk pengidap Pneumonia.

Penyakit ini juga sering disebut Bronkopneumonia, Pneumonia Lobular, dan Pneumonia Bilateral. Untuk mengenal penyakit Pneumonia, tanda-tanda umum dari gejala penyakit ini adalah batuk terus menerus, demam dan sulit bernafas.

Source: Google Image

Pneumonia menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi anak di dunia. World Health Organization (WHO) mengatakan jika penyakit tersebut memicu 15% dari seluruh kematian anak di bawah usia 5 tahun. Pada 2015 terdapat 900.000 anak yang meninggal akibat penyakit itu. Di Indonesia Pneumonia telah merenggut sekitar 25.000 jiwa anak pada 2013.

Tidak hanya anak-anak saja, tetapi lansia pun juga berisiko terkena penyakit Pneumonia, terutama pada usia di atas 65 tahun. Lalu ada juga orang yang aktif merokok. Pengidap penyakit kronis, memiliki kekebalan tubuh yang rendah juga berisiko terkena penyakit Pneumonia. Pasien di rumah sakit, terutama yang menggunakan ventilator pun termasuk.

Dalam mengenal penyakit Pneumonia, berdasarkan tingkat keparahan penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda. Gejalanya dapat terjadi bila disebabkan oleh bakteri pemicu infeksi, usia dan juga kondisi kesehatan.

Namun begitu, gejala umum yang ditimbulkan saat terjangkit penyakit Pneumonia adalah demam, keringat dingin, batuk kering atau batuk dengan dahak kental atau disertai darah, nafas tersengal-sengal, rasa nyeri pada dada ketika menarik napas atau batuk, mual atau muntah, diare dan juga kelelahan.

Source: Google Image

Penyebab penyakit Pneumonia paling umum adalah bakteri Streptococcus Pneumonia. Tetapi tidak hanya itu saja yang jadi pemicu penyakit pneumonia. Ada virus yang memicu flu atau pilek juga bisa menjadi penyebab Pneumonia, biasanya ini dialami oleh balita.

Jamur juga bisa menjadi pemicu penyakit tersebut, biasanya jamur menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Lalu yang terakhir ada Pneumonia aspirasi, biasanya ini dipicu karena pengidap menghirup objek asing, misalnya makanan atau minuman, muntah, atau ludah. Lokasi penularan akan mempengaruhi perbedaan jenis Pneumonia, seperti penularan dari tempat umum berbeda dengan yang didapat dari rumah sakit.

Dalam mengenal penyakit Pneumonia, pada tahap ringan penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik resep dokter, lalu banyak istirahat dan minum dengan cukup. Biasanya walau ringan tetap harus memerlukan perawatan di rumah sakit.

Mengonsumsi analgesik (obat pereda sakit) seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan dan menurunkan demam juga dapat membantu meredakan gejala penyakit yang dialami. Tetapi, hindari konsumsi ibuprofen jika memiliki alergi terhadap aspirin, obat anti radang nonstereoid lain, atau menderita asma, tukak lambung, dan gangguan hati atau pencernaan.

Cara menghindari penyakit Pneumonia adalah berhenti merokok dan mengurangi minuman beralkohol, karena rokok dan minuman beralkohol adalah salah satu penyebab besar terjangkitnya penyakit Pneumonia.

Tidak hanya itu, hindari obat batuk juga berpengaruh dalam mengurangi gejala penyakit tersebut. Batuk biasanya terjadi untuk membantu mengeluarkan dahak yang ada dalam tenggorokan, dan obat batuk juga belum terbukti efektif digunakan menurut kedokteran.

Source: Google Image

Vaksinasi juga menjadi salah satu cara agar terhidar dari penyakit Pneumonia. Tetapi olahraga, istirahat yang cukup dan menerapkan pola makan yang teratur juga bisa menjadi pencegahan terkena penyakit tersebut. Menjaga kebersihan agar terhindar dari virus juga bisa mencegah terjangkit penyakit.

Jika pengidap penyakit Pneumonia sudah akut harus dirawat di rumah sakit. Di rumah sakit sendiri pengobatannya meliputi pemberian antibiotik dan cairan tubuh lewat infus, serta oksigen untuk membantu pernapasan. Ventilator dalam ruang ICU juga dibutuhkan untuk melancarkan pernafasan yang sedang melemah.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments