youtube channel

Channels

Mau Tau Cara Mengurangi Depresi? Kurang-kurangin Deh Buka Media Sosial!

Mau Tau Cara Mengurangi Depresi? Kurang-kurangin Deh Buka Media Sosial!

Mau Tau Cara Mengurangi Depresi? Kurang-kurangin Deh Buka Media Sosial!

- Saat ini media sosial seakan membuat seseorang merasa sunyi di tengah keramaian. Namun tau gak sih, kalau ternyata mengurangi main media sosial juga bisa jadi cara mengurangi depresi.

antvklik.com - Sebuah studi yang digagas oleh Dr Melissa G Hunt menunjukkan kalau membatasi penggunaan media sosial hanya menjadi 30 menit sehari saja, menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi depresi.

Studi ini, secara kuat menunjukkan kalau penggunaan media sosial yang berlebihan membuat orang lebih tertekan dan kesepian. Padahal, sebagian orang berdalih mengakses media sosial untuk mengusir rasa kesepian itu sendiri.

Penelitian ini melibatkan 143 mahasiswa di Amerika Serikat (AS) sebagai responden, yang aktivitas mereka dilacak selama tiga pekan. Setengah dari mereka, diberitahu untuk menggunakan media sosial seperti biasa. Sementara itu, setengah lainnya diinstruksikan untuk membatasinya cuma 30 menit saja per hari.

Ternyata semua responden yang membatasi membuka media sosial melaporkan penggunaan Facebook, Snapchat, dan Instagram, terkait dengan perasaan cemas, depresi, kesepian, dan takut menjadi hilang.

"Menggunakan lebih sedikit media sosial daripada biasanya, akan menyebabkan penurunan yang signifikan baik pada depresi dan kesepian. Efek ini sangat terasa bagi orang-orang yang lebih tertekan dengan pekerjaannya," kata Dr Melissa G Hunt, seperti disadur dari laman penntoday.

Namun Dr Hunt menegaskan kalau hasil penelitian ini bukan berarti akan membuat larangan seseorang untuk menggunakan media sosial. Menurut dia, sebaiknya hanya cukup batasi saja maksimal 30 menit per hari.

"Karena ketika kita melihat kehidupan orang lain di media sosial misalnya Instagram, maka mudah untuk kita menyimpulkan bahwa kehidupan orang lain tersebut lebih baik dari kita," kata Dr Hunt.

"Mengurangi penggunaan media sosial sebenarnya membuat kita mengurangi rasa kesepian. Saat Anda tidak sibuk tersedot ke dalam media sosial yang clickbait, maka sebenarnya Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang lebih mungkin membuat hidup Anda lebih baik," lanjut dia.

"Secara umum saya mengatakan, ayo letakkan ponsel Anda, dan mulailah berkomunikasi dengan orang-orang dalam hidup Anda," tukas Dr Hunt.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments