youtube channel

Channels

Masih Muda Tapi Rambut Beruban? Ternyata Ini Penyebabnya

Masih Muda Tapi Rambut Beruban? Ternyata Ini Penyebabnya

Masih Muda Tapi Rambut Beruban? Ternyata Ini loh Penyebabnya

- Rambut berubah warna menjadi putih atau yang sering kita sebut dengan rambut beruban biasanya identik dengan orang-oang yang memang sudah berusia lanjut.

antvklik.com - Sebenarnya rambut beruban disebabkan oleh kurangnya pigmen melanin pada folikel rambut, menurut Gary Goldenberg, M.D., asisten profesor klinis dermatologi dari sekolah kedokteran di Mount Sinai.

Folikel tersebut sebenarnya masih memiliki jumlah melanosit normal, sel yang membuat pigmen, namun sel-sel ini berhenti bekerja seiring berjalannya waktu, dan rambut berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Umumnya hal ini hanya terjadi pada oang-orang yang sudah berusia sekitar 45 tahun. Namun jika kasus ini terjadi kepada orang berusia 20 tahunan mungkin ada faktor internal maupun eksternal yag mempengaruhiya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengapa banyak anak muda sekarang sudah mengalami rambut beruban.

Penyebab Rambut Beruban Saat Masih Muda

1. Konsumsi Junk Food

Terlalu sering mengonsumsi

junk food

diketahui memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Zat yang terkandung dalam junk food bersifat karsinogenik serta bersifat racun, zat racun karsinogenik inilah yang bisa menghambat serta menurunkan produksi melanin.

2. Kebiasaan Merokok

Selain mejadi sumber penyebab berbagai penyakit parah, ternyata merokok juga dapat mengakibatkan rambut kamu beruban.

Hal ini ini terjadi karena 'radikal bebas' yang meningkat karena merokok juga merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut beruban secara prematur.

3. Genetik

Faktor genetik juga bisa mejadi salah satu peyebab rambut beruban saat kamu masih muda.

Jika salah satu orang tua kamu dulu sudah mengalami rambut beruban saat masih muda, bisa jadi hal itu juga turun ke kamu, itulah yang disebut dengan faktor genetik

4. Peggunaan Hair Dryer, Catok Rambut dan Gel Rambut

Kalau kamu jadi salah satu orang yag tidak bisa keluar rumah tanpa menggunakan hair dryer, catokan ataupun gel rambut sebaiknya mulai sekarang kebiasan itu harus kamu kurangi.

Karena hal ini dapat membuat batang rambut menjadi lemah, dan panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut yang bisa mengakibatkan tumbuhnya uban.

Sering menggunakan gel rambut dan gonta-ganti merek juga bisa menyebabkan rambut kamu beruban karena kandungan kimia yang terdapat dalam gel tersebut.

5. Kekurangan Vitamin B12

Menurut Gary Goldenberg, M.D., asisten profesor klinis dermatologi dari sekolah kedokteran di Mount Sinai , kekurangan vitamin B12 bisa mengakibatkan rambut beruban lebih cepat.

Hal ini terjadi karena vitamin B sangatlah penting bagi kesehatan rambut.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments