youtube channel

Channels

Takut Kolesterol Tinggi? Simak 5 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol!

Takut Kolesterol Tinggi? Simak 5 Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol!

Source: Google Image

- Banyak sekali orang yang mengeluh karena penyakit kolesterol yang tinggi. Kolesterol dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar. Orang yang terkena kolesterol lama kelamaan bisa terkena stroke hingga serangan jantung.

antvklik.com - Tidak hanya dialami oleh orang tua saja, anak muda sekarang juga banyak yang terkena kolesterol karena pola makan yang tidak teratur. Inilah 5 makanan yang bisa menurunkan kolesterol yang tinggi.

1. Oatmeal dan makanan berserat tinggi

Source: Google Image

Pada umumnya orang mengira makanan ini digunakan untuk diet. Tetapi tidak hanya untuk diet, makanan ini juga bagus dikonsumsi untuk orang yang terkena kolesterol tinggi.

Oatmeal sendiri dapat menurunkan kolesterol karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol pada aliran darah.

2. Ikan salmon

Source: Google Image

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang bisa dimakan mentah dan mengandung banyak nutrisi. Tetapi untuk menurunkan kolesterol ikan salmon harus dimasak dengan matang.

Ikan ini mengandung omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida juga meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Tidak hanya omega-3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang baik untuk tubuh dan jantung.

3. Kuaci

Source: Google Image

Kuaci atau biji bunga matahari dikenal memiliki kandungan zat tembaga yang tinggi. Kandungan zat tembaga memang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Jika asupan makan kurang zat tembaga, maka tubuh akan lebih rentan akan kenaikan kadar kolesterol LDL dan lebih sulit menyerap HDL.

4. Sayuran Hijau

Source: Google Image

Sebenarnya tidak semua sayuran cocok untuk dikonsumsi jika kolesterol kita sedang tinggi-tingginya. Sayur yang cocok adalah sayur yang berdaun hijau contohnya seperti bayam dan buncis, brokoli, kubis dan lainnya.

Sayur berdaun hijau biasanya mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mencegah kenaikan LDL pada tubuh.

5. Buah-buahan

Source: Google Image

Alpukat merupakan buah yang mudah ditemukan dimana saja di Indonesia. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan HDL.

Buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung beta-sistosterol yang dapat mengurangi kolesterol yang terserap dari makanan.

Menurunkan Kolesterol Source: Google Image

Tidak hanya alpukat, apel ternyata juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, terutama di bagian kulitnya. Karena dalam apel terutama kulitnya mengandung pektin yang dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan lalu dikeluarkan melalui urine dan fases.

Makanan sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh kita. Tidak bisa sembarang mengkonsumsi makanan seperti yang diinginkan. Belum tentu makanan yang enak adalah makanan yang sehat. Jadi harus pintar memilih makanan sesuai kebutuhan tubuh kita sendiri.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments