youtube channel

Channels

Klaim Miliki Sinyal Alien, China Siap Operasikan Teleskop Pemburu Alien

Klaim Miliki Sinyal Alien, China Siap Operasikan Teleskop Pemburu Alien

Ilustrasi. China Siap Operasikan Teleskop Pemburu Alien. (Foto:Pixabay/muzz32)

China memiliki sinyal radio yang diduga dari alien, untuk menelitinya mereka membuat teleskop pemburu alien yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

antvklik.com - Kepala ilmuwan FAST, Zhang Tongjie mengatakan bahwa teleskop itu telah memiliki beberapa sinyal radio menarik yang diduga berasal dari alien untuk diteliti.

Seperti dilansir dari laman Engadget, Senin (1/6/2020), perangkat bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) mampu mencari sinyal-sinyal alien, dan mulai dioperasikan China mulai September mendatang.

Teleskop yang diameternya mencapai 500 meter ini, sudah beroperasi sejak Januari, tetapi karena teknologinya masih harus diperbarui, maka saat ini teleskop tersebut belum berfungsi maksimal.

Teleskop FAST, China (xinhuanet.com)

Kepala ilmuwan FAST, Zhang Tongjie mengatakan bahwa teleskop itu telah memiliki beberapa sinyal radio menarik yang diduga berasal dari alien untuk diteliti.

Meski demikian ia menegaskan bahwa ini bukan berarti bahwa sinyal-sinyal tersebut dipastikan dari alien.

Biasanya sinyal radio unik berasal dari pulsar bintang yang kehabisan bahan bakar dan perlahan hancur atau semburan sinyal acak yang terdeteksi di Bumi.

FAST, adalah Radio Teleskop Terbesar Dunia

Selama masa pembuatannya, Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST) adalah teleskop radio single aperture terbesar di dunia , dan sudah melakukan ratusan penemuan penting bagi ilmu pengetahuan.

Seperti dilansir dari laman Universe Today, studi terbaru yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Chinese Academy of Sciences (CAS) menyimpulkan bahwa teleskop ini memiliki kegunaan lain, yaitu mencari kehidupan alien.

Studi ini melibatkan para anggota FAST Collaboration, mulai dari CAS, University of California Berkeley, SETI Institute, dan lain-lain. Sementara Di Li dari CAS Key Laboratory of Fast didapuk jadi pemimpin studi. Hasil studinya sendiri sudah dimuat dalam Astronomy and Astrophysics.

Dalam studi tersebut, dibahas beberapa keunggulan yang dimiliki FAST yang bisa digunakan untuk mencari kehidupan lain di Tata Surya. Karena permukaan utamanya yang mencapai 500 meter, hingga saat ini FAST tercatat sebagai teleskop radio terbesar di dunia yang bisa mengakses area langit lebih luas, ketimbang teleskop Arecibo di Puerto Riko.

"Keunggulan utama FAST adalah cakupan area pengumpulan obyeknya yang efektif. Bersamaan dengan receiver berteknologi tinggi, FAST menyediakan keunggulan terhadap sumber poin, yang merupakan sinyal SETI," tutur Li


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments