youtube channel

Channels

Kiamat?! Bintang Raksasa Sekarat Dekat Bumi Bakal Meledak!

Kiamat?! Bintang Raksasa Sekarat Dekat Bumi Bakal Meledak!

Betelgeuse, bintang raksasa yang sedang sekarat. Berada di galaksi Orion, sekira 700 tahun cahaya dari Bumi. Foto: ESA via BBC

Bertobatlah! Kematian tak bisa dielak. Tidak pula bisa ditolak. Bintang sekarat Betelgeuse akan meledak! Memporak-porandakan bumi. Kembalilah ke jalan kemanusiaan. Ikuti ritme keselarasan semesta. Persiapkan kematian wahai para manusia.

antvklik.com - Kiamat! Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam sejarah hidup manusia.

Demikian pula meledaknya Betelgeuse, salah satu bintang paling terang, kini telah sekarat. Betelgeuse bakal meledak lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Kerusakan yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Kiamat! Cuma soal waktu saja. Benarkah?

Betelgeuse sedang mengembang dan mengerut — dengan diameter 550 sampai 920 kali Matahari kita. Berdasar catatan Villanova University di Amerika Serikat, pada Desember 2019, bintang ini berada pada titik paling redup berdasarkan observasi selama 50 tahun. Sekali lagi, sekarat!

Mengapa meredup? Ketika bintang besar mendekati akhir masa hidupnya, bintang ini kehilangan massa yang begitu besar. Sarafina Nance, astronom University of California mengatakan jika Betelgeuse meledak maka semua debu yang dilontarkan akan menutupi galaksi Orion. Sebagai catatan kecil, dahulu Betelgeuse adalah bintang paling terang kesembilan. Sekarang, Betelgeuse berada di urutan ke 23.

Supernova! Supernova adalah ledakan suatu bintang di galaksi. Memancarkan energi lebih banyak daripada nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang.

Nova adalah ledakan bintang yang memiliki massa kecil. Ledakan nova membuat bintang yang tadinya redup, tiba-tiba jadi sangat terang. Terangnya ledakan ini bagai lahirnya bintang baru. Itulah sebabnya, ledakan bintang ini dinamakan nova. Dalam bahasa latin, nova berarti bintang baru. Massa bintang-bintang yang mengalami nova, biasanya sama dengan Matahari. Bedanya, bintang ini memiliki volume yang hanya sebesar Bumi.

Supernova adalah ledakan yang menghasilkan cahaya lebih terang daripada nova. Bintang-bintang yang bermassa lebih dari 8 kali lipat massa Matahari, akan meledak sebagai supernova. Energi yang dikeluarkan bintang yang mengalami supernova, akan lebih besar dari energi yang dihasilkan dari ledakan nova. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat terang benderang dan jelas. Bahkan, bisa lebih terang ratusan juta kali lipat dari cahaya semula bintang itu.

Bagaimana efek ledakan Betelgeuse bagi bumi manusia?

Kalau matahari kita meledak, maka jelas kiamat benar-benar. Meningkatkan suhu Bumi dan berkemungkinan merusak lapisan ozon, sehingga terjadi peningkatan paparan radiasi yang bisa merusak dari matahari dan kosmis.

Namun tenaaang ... Betelgeuse berada dalam jarak aman dari Bumi. Betelgeuse berada di rasi bintang Orion, yang berjarak hampir 700 tahun cahaya dari Bumi. Jika ada bintang yang jaraknya 50 tahun cahaya meledak dalam skala supernova, kelar sudah ras manusia!

Menurut perhitungan ilmu pengetahuan, Betelgeuse kemungkinan tidak akan meledak dalam hidup Anda, kita, mereka. Mungkin akan terjadi dalam 100.000 atau 300.000 tahun ke depan.

Namun tidak ada salahnya kita bertobat, memulai hidup baru yang penuh toleransi. (*)


icon featured

Popular

icon featured

Comments