youtube channel

Channels

Ketika Pabrikan Otomotif Dunia Banting Setir Buat Alat Kesehatan

Ketika Pabrikan Otomotif Dunia Banting Setir Buat Alat Kesehatan

Salah satu kantor Renault dekat Paris, Perancis (Foto: Reuters)

Pabrikan otomotif dunia kini banting setir membuat alat kesehatan guna memerangi virus corona. Ada yang membuat masker, ada pula yang buat APD dengan printer 3D..

antvklik.com - Guna mengoptimalkan produktifitas pekerja yang bekerja dari rumah, Pabrik otomotif Renault di Spanyol membuat alat pelindung diri berupa visor medis dari rumah para pekerja. Pembuatan visor medis ini dengan menggunakan printer 3D.

"Karyawan yang dikirim pulang karena penutupan pabrik telah membuat sekitar 50 masker, yang kemudian diselesaikan dengan memasukkan lembaran asetat yang melindungi wajah," kata pihak Renault Spanyol.

Seorang insinyur di perusahaan yang berasal dari Perancis itu mengatakan, langkah yang dijalankan Renault mungkin dapat juga dipakai untuk membuat komponen ventilator. Alat tersebut sangat penting untuk merawat pasien corona dengan kondisi parah.

Pabrikan mobil Perancis lainnya, PSA mengatakan, telah bekerja sama dengan Air Liquide untuk mencari cara agar dapat membantu perusahaan itu meningkatkan produksi ventilator.

Fiat Chrysler Buat Masker

Sementara pabrikan otomotif Fiat Chrysler Automobiles (FCA) membuat satu juta masker dalam sebulan. Masker produksi FCA akan didistribusikan ke layanan darurat di Amerika Utara.

"Kapasitas produksi sedang dipasang minggu ini dan perusahaan akan mulai membuat masker wajah dalam beberapa minggu mendatang dengan distribusi awal di seluruh Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko," kata pihak FCA seperti dilansir Reuters.

Namun, keputusan untuk memulai distribusi masker di Amerika Utara daripada Italia sebagai negara asal perusahaan itu mendapat teguran. Padahal Italia adalah negara dengan kasus kematian tertinggi dunia akibat virus corona.

FCA menekankan, keseimbangan sulit yang harus dipertahankan oleh perusahaan global. Ini karena mereka mempertimbangkan di mana harus menawarkan bantuan dalam keadaan darurat.

Kendati demikian, FCA dan pemegang saham pengendalinya, Exor, perusahaan investasi keluarga Agnelli Italia, telah menawarkan bantuan untuk upaya menangani krisis di Italia.

FCA juga akan membuat alat respirator yang sangat dibutuhkan bagi pasien dalam perawatan intensif di Italia.

FCA dan pembuat mobil mewah Ferrari juga dikendalikan oleh Exor, sedang dalam pembicaraan dengan Siare, sebuah produsen respirator terbesar Italia.

Pabrikan Otomotif AS Buat Ventilator

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, pabrikan otomotif Ford, General Motors (GM) dan Tesla telah diperbolehkan memproduksi ventilator dan peralatan medis lainnya.

"Ford, General Motors, dan Tesla diberi kesempatan untuk membuat ventilator dan produk logam lainnya, CEPAT!" kata Trump lewat akun Twitternya.

Pekan lalu, Ford dan GM menyebut telah berbicara dengan pejabat Gedung Putih tentang bagaimana mereka dapat mendukung produksi peralatan medis seperti ventilator.

Sementara pihak Ford mengatakan, mereka siap membantu pemerintah dengan cara apa pun yang mereka dapat lakukan. Ini termasuk kemungkinan memproduksi ventilator dan peralatan medis lainnya.

Antara


icon featured

Popular

icon featured

Comments