youtube channel

Channels

Kawin Silang Iguana Untuk Mendapatkan Jenis Iguana yang Unik

Kawin Silang Iguana Untuk Mendapatkan Jenis Iguana yang Unik

Peternakan iguana (Foto: ANTV/ Ganda Kopatra)

Iguana Disukai karena bentuk fisik dan warnanya yang unik. Untuk mendapatkan anakan yang bagus, untuk dalam beberapa kali tahap perkawainan belum tentu dapat anakan yang bagus. Jadi harus banyak perjuangan untuk mendapatkan iguana dengan warna yang unik.

antvklik.com - Dengan anatomi milik hewan purba berkulit eksotis, salah satu reptil iguana kini sedang digandrungi warga di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Salah satunya Ardiansyah Nugraha yang mengoleksi belasan iguana hijau di kediamannya di Komplek Griya Intikom, Kelurahan Srimulya, Kecamatan Sematang Borang, Palembang. Siapa sangka hobby memelihara reptil yang satu ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena harganya yang cukup tinggi.

ternak iguana (2) Iguana hasil peternakan Ardiansyah Nugraha, di Palembang, Sumsel (Foto: ANTV/ Ganda Kopatra)

Saat ini iguana tengah marak memasuki bursa hewan kesayangan. Hewan yang di habitat aslinya hidup di pepohonan sepanjang daerah aliran sungai ini biasanya aktif di siang hari. Hidupnya di wilayah dengan ketinggian sampai 1.000 meter diatas permukaan laut baik di daerah tropis maupun subtropis, dari wilayah Utara Mexico sampai Amerika Selatan. Bentuk tubuh yang mirip binatang purba, kulit eksotis dan terkesan seram disukai warga Palembang, karena tantangan menjadikannya jinak bisa menjadi pengalaman yang unik.

ternak iguana (3) Berbagai jenis iguana dalam satu kandang (Foto: ANTV/ Ganda Kopatra)

Ardiansyah Nugraha, karyawan swasta ini sudah setahun belakangan ini memelihara iguana dan kini mengoleksi belasan iguana jenis Juve Juvenille, Blue Red, Albino dan Green Colombia. Selain unik, iguana yang sudah jinak, bisa menjadi sahabat yang baik untuk menghilangkan stress. Menurut Ardiansyah, perawatan iguana cukup mudah, karena tidak memerlukan lahan yang luas dan makanannya hanya sayur dan buah. Sementara harganya di pasaran mulai 350 ribu bahkan ratusan juta tergantung kualitas dan jenis iguana. Musim kawin iguana adalah bulan juli dan bisa menghasilkan telur hingga 90 butir, namun sayang yang menetas biasanya hanya sepuluh persen saja dan jika tidak telaten merawat, anak iguana rentan mati. Untuk itu, Ardiansyah terus menambah pengetahuan tentang budidaya iguana, termasuk sesering mungkin mengajak iguana bermain agar indukan tidak stress dan menghasilkan bibit yang handal.

“Iguana ini menarik karena coraknya dan setiap tahapan mutasi itu berbeda-beda. Untuk mendapatkan anakan yang bagus, untuk dalam beberapa kali tahap perkawainan belum tentu dapat anakan yang bagus. Jadi harus banyak perjuangan, “ ujar Ardiansyah.

ternak iguana (4) Salah satu iguana unik hasil kawin silang beberapa tahap (Foto: ANTV/ Ganda Kopatra)

Nah, jika Anda menyukai reptil, seperti iguana ini bisa saja mencoba serius dan fokus melakukan budidaya iguana. Selain bisa menikmati serunya bermain dengan iguana tentu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ganda Kopatra | Palembang, Sumatera Selatan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments