youtube channel

Channels

Jangan Lakukan Body Shaming Di Media Sosial Bisa di Ancam Hukuman Penjara

Jangan Lakukan Body Shaming Di Media Sosial Bisa di Ancam Hukuman Penjara

Jangan Lakukan Body Shaming Di Media Sosial Bisa di Penjara

- Selain televisi ataupun radio kita dengan mudah bisa mendapatkan berbagai informasi melalui dunia maya. Bahkan, dengan kehadiran media sosial kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan banyak orang meskipun jaraknya berjauhan.

antvklik.com - Namun, hal tersebut seringkali disalah gunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menghina seseorang seperti bentuk tubuh maupun penampilannya melalui media sosial.

Meskipun ada beberapa orang yang bercanda untuk hal tersebut, tetapi tindakan itu dapat dikategorikan sebagai tindakan body shaming lho. Seperti ingin memberikan sebuah pelajaran bagi para pengguna internet, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM membuat sebuah kebijakan mengenai tindakan body shaming yang dilakukan oleh para penguna internet di media sosial.

Mulai saat ini, jangan asal dalam berkomentar di media sosial, karena body shaming di media sosial sudah ada ancaman pidanannya berikut infonya.

Body Shaming instagram.com/klinikhukum

Body Shaming merupakan tindakan mengejek atau menghina dengan mengomentari fisik (bentuk tubuh) maupun penampilan seseorang. Jadi, buat kamu yang suka memberikan komentar "kok sekarang kurusan?" "kulitnya item ya?" atau "Chubby banget sekarang?".

Lebih baik dikurangin deh, karena kalau orang yang kita komentarin tersebut enggak suka, mereka bisa melapor ke polisi dan kita bisa terkena ancaman pidana.

Saat ini perlakuan terhadap body shaming di media sosial sudah masuk kedalam pasal 27 ayat (3) jo dan Pasal 45 Ayat (3) UU No.11 tahun 2008 tentang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang sudah diubah oleh UU No.19 Tahun 2016 tentang delik aduan.

"Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik". Pasal 27 ayat 3.

Sedangkan untuk ancaman pidana sebagai berikut:

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah)". Pasal 45 ayat 3.

Eits! Jangan cuma di media sosial ya, kita juga membiasakan diri untuk enggak melakukan body shaming ke lingkungan sekitar ya!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments