youtube channel

Channels

Hiu Paus Di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Nih Guys!!

Hiu Paus Di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Nih Guys!!

Hiu Paus Di Indonesia

antvklik.com - - Hiu paus salah satu jenis binatang mamalia yang banyak dijumpai di Indonesia. Banyak pilihan wisata yag bisa kamu coba di Indonesia salah satunya wisata air. Kamu pasti sudah familiar dengan wisata air seperti diving, snorkeling, flying fish, berselancar sampai wisata dengan lumba-lumba di laut lepas. Namun terdapat wisata yang cukup unik perlu dicoba nih. Mungkin sebagian dari kamu ngeri mendengarnya. Yup, berenang bersama ikan hiu paus merupakan wisata menantang yang ditawarkan beberapa daerah di Indonesia. Tenang dulu, ikan hiu paus disini tidak buas seperti di film “Jaws” kok. Kamu bisa merasakan pengalaman dan sensasi baru bersama mereka di laut Indonesia yang indah. Pastinya kamu harus mencoba loh, anggap saja ini pengalaman baru kamu untuk memacu adrenalin.

Hiu paus menghuni semua lautan yang bersuhu hangat. Ikan ini diketahui bermigrasi setiap musim semi ke wilayah paparan benua di pesisir Australia barat. Musim berpijah hewan-hewan karang di terumbu karang Ningaloo diketahui telah meningkatkan ketersediaan plankton bagi ikan-ikan besar ini. Meskipun biasanya hidup menjelajah di tengah samudra luas, secara musiman terlihat adanya kelompok-kelompok hiu paus yang mencari makanan di sekitar pesisir benua, seperti di Australia barat, di Afrika Selatan (pantai selatan dan timur), Belize, Filipina, India, Indonesia, Honduras, Madagaskar, Meksiko, Mozambik, Tanzania, serta Zanzibar. Tidak jarang ikan-ikan ini terlihat memasuki laguna atau mendekati muara sungai. Berani mencobanya? yuk intip tempat wisata tersebut.

Hiu Paus Di Indonesia Hiu Paus Di Indonesia


1. Wisata Hiu Paus Gorontalo

Hiu Paus Di Indonesia Hiu Paus Di Indonesia

Indonesia dianugrahi kekayaan alam berlimpah salah satunya hiu paus yang merupakan jenis hiu terbesar dan satu-satunya di dunia. Kemunculan hiu-hiu tersebut mulai diketahui sejak Maret 2016 di kawasan perairan Botubarani, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Untuk memajukan pariwisata Gorontalo akhirnya gubernur setempat, Rusli Habibie meresmikan tempat wisata tersebut pada 17 April 2016. Kualitas air laut yang bagus rupanya mengundang hiu berukuran 5-10 meter tersebut untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Dengan peraturan yang ketat seperti dilarang menyentuh hiu, buang sampah sembarangan, jumlah orang yang turun untuk snorkeling dan diving yang dibatasi membuat pengunjung tidak perlu khawatir atas keselamatan mereka. Yup, jika kamu pergi ke sini jangan heran kalau jumlah kapalnya tidak banyak dan berjalan lambat karena telah dibuat peraturan agar tidak mengganggu hiu paus. Bagi kamu yang memilih diving waktu kamu berinteraksi dengan hiu paus maksimal 15 menit ya. Kalau kamu menaiki perahu/kapal kamu mendapat waktu lebih lama yaitu 30 menit. Wah, seru banget nih guys!


2. Bali Shark

Hiu Paus Di Indonesia Hiu Paus Di Indonesia

Selain bisa berselancar di Pulau Dewata ini juga menawarkan berenang dengan ikan hiu, lho. Akses lokasinya pun terjangkau jika kamu berada di daerah Bali Selatan. Lokasinya terletak di Pulau Serangan, tepatnya di Agus Bar and Restaurant, jalan Tukad Punggawa- Serangan, Denpasar. Melihat hiu paus di Pulau Serangan yang terancam punah maka Paul Friese mendirikan wisata tersebut pada November 2014. Hiu yang disediakan untuk bermain denganmu adalah hiu sirip putih yang jinak. Tenang saja kamu juga aman kok karena disediakan asuransi untuk keselamatan. Bagi anak di bawah 12 tahun harap ditemani ya bunda, takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastinya kamu juga jangan pernah lengah jika kamu membawa anak kamu.


3. Bangsring Underwater

Hiu Paus Di Indonesia Hiu Paus Di Indonesia

Tempat wisata yang satu ini pasti membuatmu puas menikmati liburan. Letaknya juga terjangkau di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang berjarak 27 menit dari Kota Banyuwangi. Disana terdapat rumah apung yang bisa dipakai untuk snorkeling dan diving sampai kedalaman 50 meter. Kamu juga bakal ditemani pemandangan indah terumbu karang. Di sini terdapat wisata yang paling menarik yaitu berenang dengan ikan hiu. Untungnya kamu juga tidak dikenakan biaya masuk Pantai Bangsring. Namun kalau mau snorkeling kamu akan dikenakan biaya dengan harga terjangkau. Yuk, tunggu apalagi nih guys, kapan lagi kamu mencoba berenang dengan ikan-ikan yang dibilang menyeramkan.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments