youtube channel

Channels

Indahnya Goa Suci Zaman Majapahit

Indahnya Goa Suci Zaman Majapahit

Indahnya Goa Suci Zaman Majapahit

antvklik.com - - Berkunjung ke goa Suci perbukitan kapur di Tuban, Jawa Timur, sungguh sangat menyenangkan. Situs goa Suci yang terbentuk oleh aktivitas tambang batu kapur di jaman Majapahit ini, membentuk sebuah ruangan yang sangat luas di dalamnya. Pengunjung bisa mengabadikan moment tersebut dengan berfoto, dengan latar belakang sinar matahari siluet, yang masuk dengan menerobos celah goa, tepat di atas kepala.

Beginilah suasana di dalam Goa Suci, Goa Suci yang berlokasi di Dusun Suci, Desa Wangun, kecamatan Palang, kabupaten Tuban. Goa yang dindingnya berbentuk seperti batu berundak ini, merupakan goa yang terbentuk dan di akibatkan oleh aktivitas tambang batu kumbung sejak jaman Majapahit, ratusan tahun silam.

Bahkan batu-batu berundak ini, mirip sekali dengan bangunan Spinx atau Menhir di Mesir yang sangat terkenal itu. Di dalam goa, pengunjung bisa memasuki lorong demi lorong yang menghubungkan ruang satu dengan yang lainnya.

Yang paling eksotis adalah, ketika pengunjung berfoto dengan latar belakang sinar matahari siluet, yang masuk ke ruangan goa, dengan menerobos salah satu celah goa, tepat di atas kepala. Celah batuan dari atas inilah, yang konon merupakan pintu masuk warga untuk memulai aktivitas menambang batu kumbung, hingga membentuk ruang besar di bawahnya.

Di butuhkan kehati hatian saat pengunjung akan berpindah ke ruangan lain, karena lokasinya yang berbahaya naik turun. Goa ini merupakan bekas lahan tambang batu kumbung di perbukitan kapur tuban bagian timur, yang sudah tidak di tambang lagi.

Warga meyakini bahwa goa itu ada sejak jaman Majapahit. Konon menurut kepercayaan warga sekitar, di jaman Majapahit, warga saat itu mengambil batu kumbung dari lokasi ini, untuk bahan baku candi.

Sebab jika di amati dari tekstur dinding candi, potongan potongan batu kumbung tersebut merupakan ciri khas pahatan manusia jaman kerajaan Majapahit, dan bukan pahatan orang saat ini. Oleh karena itu Goa Suci ini saat ini di jadikan cagar budaya dan tidak boleh di rusak.


icon featured

Popular

icon featured

Comments