youtube channel

Channels

Galaksi Monster Masa Awal Alam Semesta

Galaksi Monster Masa Awal Alam Semesta

Ilustrasi Galaksi Monster berdasar gambar dari NASA. Foto: Shutterstock

Merujuk Teori Bigbang bahwa masa-masa alam semesta terbentuk adalah 13,82 miliar tahun lalu. Baru-baru ini sekelompok astronom menemukan galaksi monster! Galaksi raksasa ini dinamai XMM-2599. Diperkirakan ada sekitar 12 miliar tahun silam! Galaksi itu menghasilkan bintang-bintang yang bergetar pada kecepatan tinggi sebelum akhirnya tiba-tiba mati.

antvklik.com - Galaksi XMM-2599 adalah galaksi raksasa. Monster! Galaksi ini membentuk massa lebih dari 300 miliar matahari. Demikian ungkap Benjamin Forrest dari Universitas California Riverside.

Benjamin Forrest dari Universitas California Riverside bersama para partner peneliti menggunakan alat Multi-Object Spectrograph for Infrared Exploration (MOSFIRE). Alat ini dipasang pada teleskop raksasa di Observatorium Keck, Hawaii. Dengan alat itu peneliti dapat mengungkap massa XMM-2599 dan berapa jaraknya dari Bumi (12,5 miliar tahun cahaya).

Galaksi ini ditemukan setelah para astronom melihat sekilas cahaya bintang berkilau melalui awan debu. Cahaya berkilauan itu direkam Atacama Large Millimeter Array (ALMA), sebuah jaringan 66 teleskop radio di Gurun Atacama, Chile. Awan padat berupa debu kosmik menyelubungi galaksi tersebut, tetapi ALMA mampu mendeteksi gelombang cahaya radio di balik awan debu.

Galaksi XMM-2599 ini membentuk lebih dari 1.000 massa matahari setahun dalam bentuk bintang-bintang. Kemudian galaksi itu berhenti membentuk bintang ketika alam semesta berumur 1,8 miliar tahun. Diperkirakan karena galaksi ini tidak lagi mendapatkan materi pembentuk bintang. Diperkirakan pula lubang hitamnya mulai aktif.

Para astronom berharap banyak pada teleskop luar angkasa James Webb (JWST) yang akan diluncurkan pada tahun 2021 mendatang untuk menyelidiki galaksi ini. JWST merupakan teleskop yang dibuat NASA sebagai pengganti Hubble. JWST diperkirakan akan lebih kuat daripada Hubble karena teleskop ini mampu mengamati galaksi dan bintang yang terbentuk tak lama setelah Big Bang.

Studi mengenai penemuan galaksi monster ini telah dipublikasikan secara online pada 22 Oktober di The Astrophysical Journal. (*)


icon featured

Popular

icon featured

Comments