youtube channel

Channels

Festival Dipavali Jadikan Ancol Terang Benderang

Festival Dipavali Jadikan Ancol Terang Benderang

Foto: Kukun Yudi Parwanto | ANTV

Taman Impian Jaya Ancol terang benderang. Ada festival cahaya digelar di sana. Ribuan warga Hindu India di Jakarta hadir dalam festival Deepavali/ Dipavali/ Divali ini. Festival Dipavali adalah festival tahunan yang digelar untuk merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

antvklik.com - Festival cahaya ini paling terasa di India, tempat asal perayaan Dipavali. Namun sekarang Dipavali sudah banyak dirayakan di seluruh dunia. Di Indonesia suasana kemeriahan Dipavali bisa dirasakan di Taman Impian Jaya Ancol. Terang benderang dipenuhi lilin yang menyala terang. Nyanyian pujian dilantunkan. Tari-tarian relijius dihentakkan. Ribuan warga Hindu India hadir di sini.

Festival Dipavali Jadikan Ancol Terang Benderang Foto: Kukun Yudi Parwanto | ANTV

Dipavali adalah perayaan kemenangan unsur kebaikan terhadap kejahatan. Dipa artinya lampu, Vali artinya jalan. Jalan menuju terang atau kebajikan. Biasanya, warga Hindu India melakukan ritual pembersihan, menghias rumah, menyalakan kembang api dan menyalakan banyak lampu minyak.

Festival Dipavali Jadikan Ancol Terang Benderang Foto: Kukun Yudi Parwanto | ANTV

Menurut versi Hindu di India Utara, Dipavali adalah peringatan kemenangan Rama atas Rahwana dalam kisah Ramayana. Rama merebut kembali Shinta dari tangan Rahwana. Saat Rama bersama Shinta kembali ke Kerajaan Ayodya suasana gelap, sehingga warga Ayodya beramai-ramai menyalakan lampu.

Sedangkan menurut versi Hindu di India Selatan, festival Dipavali dirayakan menyambut kemenangan Sri Khrisna terhadap Narakasura.

Perayaan Dipavali Minggu (24/11/2019) malam di Ancol dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan. Hadir pula Pradeep Kumar Rawat, Duta Besar India untuk Indonesia. Pun beberapa tamu negara tetangga.

Anis Baswedan mengatakan festival Dipavali kali ini adalah yang pertama dirayakan besar-besaran di Indonesia. Anis berharap berkumpulnya seluruh etnis India pada acara Dipavali ini bisa membangun perasaan kebersamaan, keadilan dan persatuan.

Kepala Biro Pendidikan Mental Provinsi DKI Jakarta Hendra Hidayat mengatakan kegiatan ini adalah bentuk apresiasi Pemprov DKI terhadap umat Hindu yang ada di Jakarta agar bisa merayakan bersama-sama. Juga diharapkan bisa menjadi kalender rutin tahunan.

Perayaan Diwali atau Deepawali atau Dipavali, adalah festival bagi umat Hindu dirayakan selama lima hari. Biasanya jatuh pada akhir bulan Oktober atau awal bulan November tiap tahunnya, menurut kalender India.

Kukun Yudi Parwanto | Jakarta


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments