youtube channel

Channels

Emak Tampar dan Jambak Gadis di KRL, Siapa yang Salah?

Emak Tampar dan Jambak Gadis di KRL, Siapa yang Salah?

Foto: Capture Video IG @rinafarzia

Seorang emak marah-marah. Seorang gadis muda yang sedang duduk jadi sasarannya. Gadis muda ini ditampar dan dijambak. Siapa yang salah?

antvklik.com - “Kamu berdiri. Saya ini orang tua,” kata emak berjilbab itu.

Namun, gadis muda itu bergeming. Tidak mau berdiri. Gadis muda itu sempat membalas umpatan si emak. Namun tidak terdengar jelas apa yang diucapkannya.

“Eh, berdiri kau, berdiri nggak kau, berdiri, itu tidak pantas, kau cacat?” kata si emak.

Petugas keamanan kereta pun langsung memisahkan mereka.

Begitulah drama viral yang terekam video amatir di kereta rel listrik (KRL). Video ini diunggah akun Twitter @rinafarzia pada Minggu 23 Februari 2020. Kejadiannya Sabtu 22 Februari 2020 pukul 21:15 WIB.

https://twitter.com/rinafarzia/status/1231272651366137856

Dalam coretannya di Instagram, Rina Farzia Arieyani menyebut kejadian itu terjadi di gerbong khusus perempuan. Saat itu kereta meluncur ke arah Bogor.

“Jadi awalnya sebelum kejadian ini, ibu itu duduk di bangku prioritas dan bawa bungkusan makanan gitu, nah kebetulan bangku sebelahnya kosong jd dia taro bungkusan dibangku itu. Terus security kan gatau itu bungkusan apa dan (se pendengaran saya yg semoga ga salah denger)” tulis Rina.

“si security negor ibunya bilang “bu bungkusan jgn taro situ taro bawah aja nanti kalo ada yg mau duduk jd gabisa”” lanjutnya.

Namun, entah kenapa, penumpang di seberangnya yaitu si gadis muda itu yang terkena sasaran amukan si emak.

“terus nyuruh bangun tp ngomongnya kaya yg di video tadi. Padahal kayanya sih posisinya si ibu keselnya sm security gara2 ditegor itu tp malah yg kena tuh mba yg lg diem aja ga ngomong apa2, tp ibu itu langsung nyuruh mba nya bangun narik tasnya trs jambak n tampar mba nya,” jelas Rina.

Gadis muda itu menangis dan akhirnya bangun lalu pergi. Mungkin pindah bangku atau pindah gerbong.

Oh iya, ternyata ibu berjilbab itu yang memicu konflik. Mengapa?

Begini ceritanya ... Akhir pekan gerbong perempuan memang sepi, seperti yang dikatakan Rina. Namun bangku kereta kan memang untuk duduk orang. Bukan untuk tempat nongkrong barang atau makanan.

“Setelah security negor, ibu nya tuh ngmng gini “yakan ga ada yg mau duduk mas jd biar aja taro sini makanan. Lagian tuh (smbl nunjuk mba2 yg depannya itu) kn masih muda mestinya dia yg disuruh bangun kl ada yg mau duduk” terus kejadian deh yg divideo,” begitu pungkas Rina.

Emak Tampar dan Jambak Gadis di KRL, Siapa yang Salah? Foto: Capture Video IG @rinafarzia

Oke, semua orang akan menunjuk si emak berjilbab itu biang keroknya! Padahaaal ... Coba amati video itu lagi, bukankah si gadis muda itu duduk di kursi prioritas? Kursi prioritas KRL diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, wanita hamil, hingga lansia. Namun pada praktiknya, kursi-kursi tersebut justru diduduki oleh orang tak berhak.

Nah, kalau sudah begini siapa yang salah?

Kenapa tidak ada yang menyalahkan petugas keamanan KRL? Boleh kok petugas keamanan KRL memperingatkan mereka yang duduk tidak pada tempatnya. Coba lihat baik-baik petugas keamanan yang memisahkan pertikaian saat itu, tidak tegas! (*)


icon featured

Popular

icon featured

Comments